Baubau, Koransultra.com – Pemerintah Kota Baubau gelar upacara bendera sambut Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) sekaligus Hari Otonomi Daerah (OTODA) dipimpin langsung Bapak Walikota Dr. H. AS Tamrin MH di lapangan upacara palagimata kantor walikota Baubau. (Kamis 2 Mei 2019)

Dalam pidatonya, Walikota AS. Tamrin membacakan dua sambutan sekaligus yakni sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendigbud) dan Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri).

Pertama, Mendikbud menekankan kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan merupakan urgensinya. Terkait dengan itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Tema Hardiknas ini mengingat pesan penting Ki Hajar Dewantara adalah hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Pembangunan SDM, Mendigbud berperspektif akan dua penguatan, seperti pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur dam ditambah ikhtiar yang membekali keterampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan.

“Semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah”, Tegas Walikota dihadapan peserta upacara mulai dari pimpinan Forkopimda, pejabat OPD, ASN, mahasiswa dan pelajar lingkup Kota Baubau.

Kedua, Mendagri lebih menekankan pada tiga hal penting. Kesatu, Mari kita kawal otonomi daerah agar selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan rakyat dan peningkatan SDM melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif.

Kedua, Mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan oleh kreativitas dan inovasi daerah dalam mengoptjmalkan berbagai potensi sumberdaya yang ada, baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam yang secara signifikan akan mendukung dan memperkokoh pembangunan nasional dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dan yang ketiga, terfokus pada peningkatan kinerja penyelenggara pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, artinya keserasian hubungan pemerintah daerah dengan DPRD dan masyarakat, sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintahan yang sinergis.

Dikahir pidato Walikota, mengharapkan semangat Hari Otonomi Daerah dapat merefleksikan kembali makna otonomi daerah dan menjadi spirit untuk melakukan yang terbaik bagi negeri ini.

Upacara ini berlangsung dalam suasana nasionalis dan hikmad dengan kehadiran kelompok aubade yang menyanyikan lagu-lagu nasional, serta dimeriahkan pula Marching Band dari SMA Negeri 2 Baubau.

Kontributor : Muhlis

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here