Patahuddin

Lasusua, Koransultra.com – Sebanyak 64 Desa di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal menggelar Pilkades serentak pada bulan Oktober 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kolut Taufiq Burhan, melalui Sekretaris PMD Pattahuddin mengatakan tahapan Pilkades bakal dilaksanakan pada bulan Juli dan Agustus.

“Kemungkinan Pilkades paling cepat sekitar bulan September atau paling lambat sekitar bulan Oktober 2019,” ujar Patahuddin, Jumat (10/5/2019).

Sementara untuk biaya Pilkades serentak 2019 tersebut, Pemerintah Daerah Kolut telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,7 Milyar.

“Pemda hanya geontorkan segitu. Sisanya itu ditanggung oleh APBDes. Karena sebelumnya Pemda masih menanggung biaya Pilkades,” kata Pattahuddin.

“Jadi biaya yang dikeluarkan setiap Desa berfariasi. Kemungkinan ada yang sampai Rp2 juta, Rp3 juta bahkan puluhan juta,” sambung dia.

Menurut Pattahuddin, ada beberapa kepala Desa yang masa jabatannya akan berakhir pada Maret 2020 mendatang namun tetap dapat mengikuti Pilkades tahun ini.

“Ada sekitar 5 Desa yang masuk daftar. Jadi aturannya begini, Kades yang masa jabatanya 6 bulan akan berakhir, bisa mengikuti Pilkades serentak di tahun ini,” terang Pattahuddin.

Pattahuddin berharap, Pilkades yang bakal digelar nantinya dapat berjalan aman dan lancar tanpa ada kendala yang dapat menciderai pesta demokrasi.

“Kami akan siagakan aparat pengamanan seperti polisi, TNI dan Satpol PP,” tutup dia.

Kontributor : Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here