Warga di Mubar Berhasil Tangkap Maling Uang yang Mau Melarikan Diri

Laworo, Koransultra.com – Seorang pria berhasil diamankan oleh warga Desa Mekar Jaya Kecamatan Tiworo Tengah (Tirta), Kabupaten Muna Barat (Mubar) setelah membawa kabur uang jutaan rupiah milik Wa Sania, Minggu Siang (12/05/2019).

Korban Pencurian, yang juga merupakan penjual bawang ini mengatakan peristiwa terjadi sekitar jam 13.00 saat dirinya sedang memperbaiki tiang jemuran rusak miliknya.

“Saat itu saya merapikan tiang jemuran yang copot di samping rumah. Setelah itu, saya tiba-tiba melihat pria sedang berdiri di depan rumah. Spontan saya langsung bertanya, mau beli apa Pak? Dan dia menjawab mau beli bawang Bu. Saya pun langsung mengambilkan bawang, ternyata dia tidak jadi membeli. Dia justru berasalan hanya menunggu temannya. Kemudian saya memperhatikan pria tersebut dengan memakai tas ransel di depannya. Saya terus memperhatikan pria itu dan melihat gerak-geriknya pria tersebut seperti gemetaran. Melihat gerak-gerik mencurigakan pria tersebut, saya langsung bergegas masuk di dalam rumah dan mengecek lemari yang berisi uang di dalam tas, ternyata tas saya sudah tidak ada. Saat itu spontan saya langsung berteriak dan berharap ada tetangga yang bisa membantu untuk menangkap penncuri tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat mendengar teriakannya pria langsung kabur.

“Pria tersebut spontan langsung kabur menggunakan motornya. Dan ada beberapa pemuda mengejar pria tersebut. Pencuri tersebut membawa lari uang saya sekitar 2 Juta lebih,” kata Wa Sania, Minggu (12/05/2019).

Dikatakannya, tak lama kemudian para warga berhasil menangkap pelaku tersebut.

“Alhamdulillah, para warga dapat mengejar dan menangkap pencuri tersebut di lingkungan perumahan Kambara. Dan mereka langsung membawahnya di Polsek Tirta dan saya berharap kepada Kepolisian untuk memberi menghukum pencuri tersebut, agar dia tobat dan tidak mencuri lagi,” kata Wa Sania pada Koransultra.com.

Kapolsek Tirta, IPDA Muh La Uhil M membenarkan peristiwa tersebut. Dikatakan La Uhli, pihaknya telah mengamankan pelaku pencurian tersebut.

“Kami telah mengamankan pelaku pencurian tersebut inisial SD alias UL. Dan setelah kami melakukan pemeriksaan kepada pelaku, ternyata pelaku sudah lima kali melakukan pencurian di daerah Mubar. untuk kali kelima pelaku mencuri uang salah satu penjual bawang di Desa Mekar Jaya sebesar Rp.2.600.000,” terangnya saat dihubungi via telepon seluler.

Uhil melanjutkan, atas perbuatan tersebut pelaku telah melakukan tindakan pidana kasus pencurian, Pasal 362 KUHP.

“Pelaku diancam dengan pidana penjara paling lama tahun atau denda paling banyak enam puluh rupiah. Dan Sementara ini, kami lagi melakukan proses pemeriksaan lebih lanjut kepada pelaku, dan rencananya pelaku akan di bawa di Polres Muna,” pungkasnya.

Kontributor : Dedi

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here