Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kanan) didampingi ketua BPK RI Perwakilan s
Sultra, Hermanto (tengah) dan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo (kiri), saat menerima predikat WTP ke 3 kalinya. Foto: Kasran

Andoolo, Koransultra.Com– Setelah Dua tahun secara berturut-turut antara 2017 dan 2018, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yang dipimpin Surunuddin-Arsalim kembali dipercaya mendapatkan predikat Wajib Tanpa Pengecuaalian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, didampingi Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, pada acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sultra di Kota Kendari, Jum’at (24/5/2019).

Atas prestasi tersebut, Bupati Konsel, H. Surunuddin menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kinerja para OPD dan jajaran, serta pihak terkait termasuk dukungan Legislatif dan masyarakat yang turut membantu mendorong tata kelolah pemerintahan dan keuangan yang baik, sehingga hari ini kita rasakan hasilnya dengan meraih opini WTP yang ke 3 (tiga) kalinya secara berturut-turut dari BPK RI perwakilan Sultra.

“Bangga sekaligus senang karena tahun ini kita masih bisa pertahankan prestasi yang telah kita raih sebelumnya, atas kinerja positif terkait tata kelolah keuangan pemerintahan kita yang dinilai sangat baik oleh BPK dengan mengganjar berupa predikat Opini WTP,” katanya.

Kedepanya, lanjut Surunuddin, akan terus kita pertahankan dan tingkatkan raihan ini. Dengan terus mendorong tata kelolah keuangan daerah yang transparan dan akuntabel serta dapat di pertanggung jawabkan, demi mewujudkan pemerintah yang terbuka dan bersih untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu dalam pers releasenya, Kepala BPK Sultra, Hermanto, mengatakan bahwa penghargaan yang diberikan hari ini kepada 10 Kabupaten/Kota atas LKPD nya telah dilaksanakan sesuai kaidah-kaidah waktu yang telah ditetapkan, dan melewati berbagai tahapan pemeriksaan.

Adapun tahapan yang dimaksud, kata Hermanto, diantaranya, pada tahap pertama yakni perencanaan pemeriksaan, selanjutnya, pelaksanaan pemeriksaan pendahuluan LKPD, pelaksanaan pemeriksaan terinci LKPD, penyusunan LHP atas pemeriksaan LKPD, dan terakhir yang kita laksanakan hari ini yaitu penyerahan LHP LKPD.

Ditambahkanya, ada 3 (tiga) buah dokumen yang kita serahkan hari ini, yakni LHP atas laporan keuangan, LHP sistem pengendalian internal, dan LHP atas kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Selamat atas prestasinya, kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya, khususnya saat Tim melakukan pemeriksaan di daerah, dan apresiasi atas LKPD yang berjalan sesuai aturan perundang-perundangan yang berlaku, semoga tata kelolah pemerintahan makin baik dari tahun ketahun, dengan selalu melihat dan memperbaiki setiap catatan yang kami sampaikan,” cetusnya.

Kontributor: Kasran

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here