Transparan dalam Pengelolaan Keuangan Daerah, BPK RI Hadiahi Kolut Penghargaan Opini WTP ke Lima

Lasusua, Koransultra.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI kembali menghadiahi Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), penghargaan predikat penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima kali berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018.

Ini artinya, pengelolaan keuangan Daerah Kolut sejak tahun 2014 sampai 2018, dinilai transparan dan dianggap telah memberikan informasi yang bebas dari salah saji material.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan BPK RI cabang Sultra, Ir. Hermanto kepada Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar di Kantor BPK cabang Sultra Kendari, Jumat (24/5/2019).

Usai menerima penghargaan, dengan penuh haru dan gembira, Nur Rahman mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kolut khususnya kepada para kepala OPD dan anggota Legislatif.

Menurut Nur Rahman, pencapaian prestasi tersebut tidak terlepas dari komitmen Pemda Kolut beserta jajaran OPD terhadap kualitas laporan keuangan. Selain itu, kerjasama yang baik dengan legislatif dalam fungsi pengawasan telah ditunjukkan dalam pencapaian WTP tersebut.

“Penyusunan laporan keuangan Pemda Kolut dinilai telah sesuai prosedur yang telah diungkapkan secara memadai dan terdapat kepatuhan,” ungkap Nur Rahman.

Nur Rahman mengatakan, prestasi ini akan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah sehingga akan menjadi kebanggaan bersama dan perlu dipertahankan.

“Ini salah satu agenda reformasi birokrasi untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Wilayah Kolut. Maka dari itu, kami telah membentuk tekat yang kuat serta dilandasi komitmen,” ungkap Nur Rahman.

Untuk itu, orang nomor satu di Kolut meminta kepada seluruh pemangku kepentingan agar prestasi telah diraih tetap dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan. Sehingga semua yang terlibat akan lebih bersemangat untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, transparan dan bertanggung jawab sebagai pelayan masyarakat.

“Jangan berpuas diri dengan capaian ini. Yang harus kita lakukan adalah tetap jalin kerjasama yang baik dan meningkatkan kinerja kita untuk kepentingan masyarakat,” pinta Nur Rahman.

Sekedar untuk diketahui, selain Kabupaten Kolut, BPK RI juga menyerahkan penghargaan opini WTP dibeberapa Kabupaten dan Kota yakni Pemerintah Kota Kendari, Kota Bau-Bau, Kabupaten Buton Tengah, Buton, Bombana, Kolaka, Konawe Utara dan Kabupaten Wakatobi.

Kontributor : fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here