Wakatobi, Koransultra.com– Satuan Polisi Perairan Polres Wakatobi melaksanakan Sosialisasi Quick Wins Polri Program 1 tentang Penertiban dan penegakkan hukum bagi organisasi radikal dan anti pancasila kepada masyarakat pesisir atau nelayan di 3 Desa yang ada di Mola Raya, Kecamatan Wangi- Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula 3 Desa tersebut. Selasa (28/05/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, kepala pemuda dan diikuti oleh Masyarakat Nelayan Desa Mola Bahari,  Desa Mola Samaturu dan Desa Mola Nelayan Bakti.

Kasat Polair Polres Wakatobi IPDA Risman, SE mengatakan, harapan kami kepada masyarakat pesisir dan nelayan Desa Mola Selatan terutama yang berprofesi sebagai nelayan untuk tidak sama sekali menggunakan bahan peledak dalam menangkap ikan dan lebih bersinergi dengan pihak Sat Polair dengan memberikan informasi terkait penangkapan ikan yang menggunakan bahan peledak maupun dengan cara cara lain yang melanggar aturan hukum.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat pesisir mengenai aturan aturan hukum diwilayah perairan,” ujarnya

Lanjut IPDA Risman. SE dan Ps. KBO Sat Polair Polres Wakatobi selaku Narasumber dan didampingi tim Quick Wins Program 1 dengan pembahasan materi sebagai berikut :

1. Pengertian Radikalisme, Terorisme dan anti Pancasila.

2. Dasar Gerakan Radikalisme

3. Ciri-ciri gerakan Radikalisme

4. Sasaran Gerakan Radikalisme

5. Penyebab masuknya Paham radikalisme

6. langkah-langkah yg harus diambil oleh pemerintah Desa dan penanggulangan paham radikalisme

7.  Penekanan
tambahan dari anggota Tim Quick Wins giat 1 Sat Polair Polres Wakatobi Aipda Arifin Dullah,yaitu saat ini cuaca dilaut sangat ekstrim, mohon kepada yang bekerja sebagai Nelayan atau yang bermata pencaharian dilaut dan aktifitas di laut  agar selalu waspada dan melihat cuaca dalam melaksanakan aktifitas kesehariannya.

8. Penekanan tambahan lain yaitu tentang peyebaran berita Hoax atau berita bohong serta ujaran kebencian yang saat ini sudah cukup meresahkan masyarakat yg dapat memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI. kasubnit Binmasair Sat Polair juga menekankan kepada masyarakat Desa Mola Bahari, Desa Mola Samaturu dan Desa Mola Nelayan Bakti Kec. Wangi- Wangi Selatan, Kab. Wakatobi untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan Sosial Media dgn tidak asal Sharing konten ataupun berita yang tidak jelas sumbernya serta senantiasa mendukung Polri dalam memberantas pelaku penyebar hoax dan ujaran kebencian di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Desa Mola Bahari  Majarudin, S.Pdi dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada pihak Polres Wakatobi khususnya Satuan Polisi Perairan (Sat Polair) Polres Wakatobi yang telah mengadakan   kegiatan Sosialisasi Quick Wins Program 1 tentang penertiban dan penegakkan hukum bagi organisasi radikal dan anti Pancasila.

“Terima kasih Polres Wakatobi telah melaksanakan kegiatan sosialisasi Quick Wins Program 1 di Mola Raya, harapan saya agar kegiatan seperti ini agar selalu di tingkatkan lagi,” ujarnya.

Untuk di ketahui dalam kegiatan tersebut Sat Polair juga melaksanakan penyerahan sarana kontak Quick Wins Program I kepada masyakat Desa Mola Nelayan Bakti , Desa Mola Bahari dan Desa Mola Samaturu Kec. Wangi-wangi selatan dengan rincian jumlah sarana kontak sebagai berikut:

1. Di Desa Mola Bahari Kec. Wangi-Wangi Selatan. Sat Polair menyerahkan sarana kontak berupa; life bouy sebanyak 12 buah, paket sembako 20 paket, bendera merah putih 20 buah, dan teks pancasila 20 lembar.

2. Desa Mola Samaturu Kec. Wangi-Wangi Selatan. Sat Polair menyerahkan sarana kontak berupa:
Life bouy 12 buah, paket sembako 20 buah, teks pancasila 20 buah, dan bendera merah putih 20 Lembar.

3. Desa Mola Nelayan Bakti Kec. Wangi-wangi Selatan Sat Polair menyerahkan sarana kontak berupa: Life bouy 12 buah, paket sembako 20 buah, teks pancasila 20 buah, dan bendera merah putih 20 Lembar.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here