Dikmudora Bedah Rumah Tak Layak Huni Milik Guru di Koltim

Tirawuta, Koransultra.com – Memiliki rumah layak huni merupakan impian semua orang, tak terkecuali bagi seorang guru di Desa Mondoke, Kecamatan Lambandia, Kolaka Timur (Koltim).

Rumah idaman yang menjadi impiannya puluhun tahun akhirnya terwujud melalui program bedah rumah guru kurang mampu.

Selain memperhatikan tunjangan guru tidak terpencil, Dikmudora Koltim juga terpanggil membangun beberapa rumah guru miskin di wilayah Koltim.

Salah satu guru yang beruntung adalah Jamaludin, warga Desa Mandoke.

Selama ini ia berpuluh tahun tinggal di rumah berdinding papan dan beratap rumbia yang kerap bocor di saat hujan. Bahkan untuk kebutuhan sehari-harinya ia kerap dibantu orang.

Sekdis Dikmudora Koltim, Drs Syafruddin MPd mengatakan, bedah rumah tersebut merupakan kepedulian dan perhatian langsung Kadis Dikmudora Koltim Ir Hj Surya Hutapea, terhadap hunian guru yang tidak layak, dan akan dilakukan di seluruh kecamatan.

“Pada kegiatan bedah rumah ini juga termasuk pembuatan WC dan lantai rumah, dan kebutuhan lainnya seperti tempat tidur dan kursi,” kata Sekdis Dikmudora, Syafruddin.

Lebih lanjut Syafruddin menuturkan, jika proses pembenahan rumah dimulai dari pembongkaran rumah awal hingga pengerjaan rumah baru menghasilkan waktu sekitar sepuluh hari.

“Hanya butuh 10 hari, rumah tidak layak huni milik seorang guru di Kecamatan Lambandia selesai terbangun,” tuturnya.

Atas kegiatan Dikmudora tersebut, Jamaludin menyampaikan rasa harunya dan terimakasih kepada Dikmudora Koltim.

Pasalnya, sudah 13 tahun belakangan, mereka menempati rumah yang dibedah tersebut dengan kondisi kurang layak huni.

“Saya tidak bisa berkata-kata banyak, kami sangat berterimah kasih kepada semua rekan-rekan guru PGRI dan Ibu Kadis Dikmudora, sehingga rumah kami bisa di bedah,” ujar Jamaludin yang saat ini bersama istri mengajar di SDN Lowa.

Dikatakan Jamaludin, rumah tersebut merupakan rumah orangtuanya.

“Ini rumah papan saya sudah berapa kali pindah, dimanapun bertugas kami bongkar lagi. Dan membawa ke tempat tugas, maklum rumah kayu dan ukuran kecil jadi gampang di buka,” katanya.

Rumah yang dibedah sejak 21 Mei lalu itu, kini sudah diresmikan oleh Kadis Dikmudora Koltim Ir Hj Surya Hutapea.

Kontributor : Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here