Serobot Lahan, Warga Watubangga Dilaporkan ke Polisi

Kolaka, Koransultra.com – Lembaga Swadaya Mayarakat Indonesia (LSM) Wahana Rakyat (WRI) serta LSM Prisai melaporkan dugaan penyerobotan Lahan yang dilakukan oleh salah seorang warga Watubangga berinisial MS di Polres Kolaka.

Ketua Lsm WRI Amir Kaharuddin, saat ditemui di sekretariatnya, Senin (17/6/19) menuturkan, jika MS diduga telah menyerobot Lahan milik 5 Warga Watubangga sejak pertengahan 2017 lalu.

Amir menyebut ke 5 warga yang telah di serobot lahan yakin Suhendra, sabur, sumarti, Elita, dan Sutrismi.

Kelima warga tersebut memiliki lokasi di Desa Gunung Sari, Kecamatan Watubangga yang semuanya memiliki legalitas kepemilikan hak diantaranya 5 sertifikat hak milik dan 1 surat Keterangan tanah ) SKT, dengan luas lokasi secara keseluruhan sikitar 7 Ha lebih.

Dirinya juga mengatakan jika persoalan penyerobotan laham milik warga tersebut, sebelumnya telah dilaporkan ke Pihak pemerintah setempat dalam hal ini Kepala Desa Gunung Sari, Camat Watubangga serta ke Polsek Watubangga bahkan ke Polres Kolaka.

Namum hinggga saat ini belum juga ada tindaklanjut dari pemerintah serta kepolisian. Ironisnya, pihak penyerobot dibiarkan melakukan aktivitas dilahan warga tersebut.

“Awalnya warga pemilik lahan sudah melapor kepihak pemerintah setempat dan kepolisi pada 2018 lalu, namun hingga saat ini tidak ada penyelesaian. Untuk itu kami mengambil ahli permasalahan ini untuk melaporkan kembali kepihak kepolisian,” ujar Amir.

Sementara itu ketua LSM Prisai Isra Aksan menegaskan jika hal ini kembali tidak mendapat tindaklanjut dari kepolisian.

“Kami akan menggelar aksi unjuk rasa besar – besaran untuk mendapatkan kepastian hukum serta menuntut keadilan di tanah mekongga yang kita cintai ini,” tegasnya.

Kontributor : Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here