Kepala DPKKBN Koltim, Idarwati

Tirawuta, Koransultra.com – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) mencanangkan Kecamatan Dangia sebagai kampung Kelurga Berencana (KB) terpusat di Koltim.

DPPKB memilih Dangia sebagai kampung KB terpusat di Koltim dikarenakan kecamatan tersebut membudidayakan berbagai jenis tanaman pertanian pada lahan yang sama.

“Itulah kenapa Kecamatan Dangia bakal kita jadikan sebagai kampung KB terpusat di Koltim. Karena pertanian disana sudah bagus, pertaniannya disana Poli kultur sistem,” kata Kepala DPPKB, Idarwati pada koransultra.com.

Idarwati berharap, di Dangia nantinya makin membudidayakan berbagai jenis tanaman seperti sayuran dan lain-lainnya.

“Kami harapkan disana sudah ada tanaman sayuran nya, kemudian ada peternakan nya, serta pengelolaan pasca panen seperti pembuatan tempe dan lain-lainnya,” jelas Idarwati diruang kerjanya, Kamis (27/6/2019).

Idarwati mengambarkan situasi Dangia nantinya bakal menyerupai Desa Loka yang saat ini memiliki kolam ikan, dan disekitar kolam tersebut ditanami sayuran.

“Di Dangia nanti seperti itu, ada kolam ikan dan disekitar kolam ikan ada taman sayuran, peternakan ayam dan itik. Dan kotoran dari ternak tersebut bisa dijadikan sebagai pupuk untuk tanaman sayur,” katanya.

Dijelaskan Idarwati di kecamatan tersebut nantinya tersikulasi secara sistem. Ada pemanfaatan lahan menjadi multiguna.

“Pencanangan ini kita sudah sosialisasikan. Bayangkan saja kedepan masyarakat tidak perlu lagi membeli sayuran mereka sudah bisa memetik dilahan masing-masing,” tungkas Idarwati.

Kontributor: Dekrit

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here