Dapat Bantuan Bibit Jambu Mete dan Kelapa, Dinas Pertanian Mubar Gelar Sosialisasi pada Kelompok Tani

Laworo, Koransultra.com – Dinas Pertanian Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Sosialisasi Peningkatan Produksi komoditas unggulan Perkebunan berkelanjutan pada kelompok tani Mubar, yakni perluasan penanaman jambu mete dan kelapa. Rabu (7/07/2019).

Pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Mubar, N. Jono menyampaikan bahwa Tahun 2019 ini kelompok tani Mubar mendapatkan bantuan perluasan wilayah penanaman jambu mete sebesar 250 hektar (Ha) di daerah Lawa Raya dan sebagian daerah Di Tiworo Raya, serta 300 Ha untuk perluasan penanaman kelapa dengan lokasi yang sama.

Kadis Pertanian Muna Barat, N. Jono

“Data kelompok tani yang dibantu berdasarkan kelompok hamparan yang telah diverifikasi di lapangan, dalam hal ini Calon Petani Calon Lahan (CPCL), sehingga bantuan ini benar tepat sasaran dan tujuan pemerintah tercapai”, jelas Jono.

Ia melanjutkan, bahwa bantuan ini bukan hanya bibit yang diberikan , tetapi juga unsur-unsur yang lain dibantu pengadaannya.

“Selain pempemberian bibit ungul pada pera petani, bantuan ini juga ditujang dengan pemberian saprodi, pupuk dan lain-lain”, jelas Jono.

Mantan Kabid di Dinas Kehutanan Kab. Muna ini mengatakan dengan adanya bantuan dari Dinas Pertanian Propinsi Sultra ini, Ia berharap agar para petani benar-benar memanfaatkan bantuan dari Pemerintah.

“Bibit ini sangat bagus, jika petani menanam dan merawat sesuai anjuran waktu sosialisasi diterapkan maka dalam 4 tahun pasti sudah ada hasil. Dan perlu kita ketahui bahwa kita dan semua petani harus berpikir baik jauh kedepan meyakinkan diri kalau tanah yang subur di negeri ini adalah titipan untuk anak cucu kita jadi sudah seharusnya dikelola dan dimanfaatkan dengan baik”, tutupnya.

Kontributor: Dedi

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here