Alias, Kepala Desa Matombura

Raha, Koransultra.com – Alias Kepala Desa (Kades) Matombura Kecamatan Bone, Kabupaten Muna, Kucurkan program pemberdayaan tahun 2019 melalui Dana Desa (DD).

Program yang disajikan, sumur Bor tuju yunit sedang berjalan anggaran Rp200 juta, Sekolah rakyat dan kerjasama dengan Universitas Haluoleo (UHO), sepak bola dan voli, honor guru TK serta produk jagung kuning, kesiapan lahan kurang lebih 150 hektar totalnanggaran Rp.700 juta

“Isyah Allah tahun ini semua berjalan, sehingga dalam rapat tersebut disepakati dan diputuskan secara bersama. Dengan program ini tentu untuk sejajarkan ekonomi masyarakat,” ujar kades tiga priode 21 tahun menyiksakan 2 tahun lagi masa jabatanya, Sabtu 13 Juli 2019 dibalai Desa dihadiri Camat Bone, Babinsa dan ratusan masyarakat.

Sementara jumlah DD yang dikelolah tahun 2019 kurang lebih Rp1 Miliar ditambah Alokasi Dana Desa (ADS) Rp500 juta.

“Jadi kami membangun program yang menyentuh masyarakat dalam bentuk jangka panjang,” ujar mantan ketua kerukunan Prov Sultra di Prov Kepulauan Riau.

Menjelaskan terkait sekolah rakyat, sudah MOU dengan UHO, jadi masyatakat diberikan pelatihan, contohnya septi ubi kayu dikelola langsung masyarakat yakni pembuatan tepung tapioka didampingi oleh Akademis.

“Kami berharap MOY untuk pendapingan para petani baik cara mengelola hasil pertanian, dalam waktu dekat masyarakat petani diadakan pelatihan,” cetus dalam rapat pra pelaksanaan kegiatan yang dicanangkan 2019.

Sementara Wa Ode Siti Dianti, warga Desa Matombura, menjelaskan dalam mencanangkan program tersebut, tentu hasil rapat musyawara yang diputuskan secara bersama.

“Jadi rencana sekolah rakyat sesungguhnya kami sangat membutuhkan baik itu program-program yang sudah tersaji,” singkatnya.

Kontributor: Bensar Sulawesi

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here