Baubau, Koransultra.com – Potensi keindahan Sumber Daya Alam (SDA) Kota Baubau tak terbendung hingga ke tingkat internasional dan sudah menjadi destinasi wisatawan mancanegara. Hal itu, Didukung wilayah strategis dan SDA, sehingga Kota Baubau punya potensi untuk menjadi wilayah destinasi Bali ke-dua di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Energi bersama rombongn konsultan, mulai dari konsultan air, listrik, pariwisata, energi, rumput laut, dan perkapalan, mulai kolaborasi potensi Kota Baubau dalam pertumbuhan industri, saat kunjungan kerja dilanjut dengan rapat terbuka bersama Wali Kota Baubau Dr.H.AS.Tamrin.MH di Lakeba Resort Baubau. (Senin, 15/07/2019)

Pada sambutan AS Tamrin mengatakan, Kota Baubau adalah akses transportasi strategis, yaitu penghubung antara Indonesia Timur dan Barat Indonesia. Selain itu, juga terlihat pada transportasi udara telah mencapai empat kali penerbangan dalam sehari, kendati perlu ada pengembangan potensi industri. Tidak ketinggalan bidang transportasi laut (perkapalan, red), dan peningkatan potensi listrik terbaru.

“Saat ini, Kota Baubau sudah masuk dalam RPJMN (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional), dan dari Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) tentang pengembangan perikanan dan kelautan,” Jelas Wali Kota dua periode dihadapan para tamu.

AS Tamrin pun tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Tim Bidang Energi bersama rombongan konsultan,

“Potensi perkembangan industri pada bidang energi tentu akan terus tumbuh, pastinya kita butuh masukan yamg lebih baik lagi kedepan, terlebih kepada kemajuan Kota Baubau,”. Tambah AS Tamrin.

Lebih lanjut, potensi ekonomi Kota Baubau mulai terukur dalam perputaran ekonomi. Selain itu, kemampuan pembelian kendaraan roda 4 (mobil, red) yang terpantau meningkat, tentu kemajuan masyarakat daerah mulai menunjukkan pertumbuhan industri energi.

Kedatangan Kadin Bidang Energi ke Baubau sebagai langkah awal melihat potensi pertumbuhan, khususnya pada segmentasi peningkatan industri energi.

“Seperti yang kita lihat bersam, mulai di sektor transportasi darat, laut dan udara, hingga hasil olahan berbagai SDA, mulai hasil laut yaitu rumput laut, dari macam potensi ini saya rasa ini sudah sangat mendukung pertumbuhan daerah,” Ucap Kadin

Kemudian, lanjut Kadin “Kita lihat, Kota Baubau juga didukung, sebagai potensi pariwisata, seperti suasana yang merdu dan keteduhan pesisir pantai sebagai , tentu sebuah potensi besar bagi Kota Baubau itu sendiri,”.

Dengan tujuan menjadikan kelistrikan sebagai sumber utama untuk mendukung semuanya. Kadin berharap, semoga a dengan doa dan restu dari Tuhan semua niat kita bisa terselenggara sesuai dengan harapan demi mengembangkan potensi perekonomian Kota Baubau.

Dalam acara Penyambutan ini, hadir Sekretaris Daerah Dr Roni Muhtar MPD, Kepala Bappeda, dan para stakeholder lingkup Pemerintahan Kota Baubau.

Kontributor : Atul Wolio

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here