Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kolaka Timur, I Nyoman Abdi saat memaparkan keunggulan dari beberapa aplikasi yang di launching Foto: Dekrit/Koransultra.com

Tirawuta, Koransultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo), menggelar Workshop Keamanan Informasi guna menjamin keamanan informasi di lingkup Pemda Koltim. Selasa (16/07/2019) bertempat di lantai 3 sekertariat Pemkab Koltim.

Dalam acara itu dihadiri oleh Bupati Koltim Drs. Tony Herbiansyah, Ketua PWI Sultra Sarjono, perwakilan dari BPK RI Provinsi Sultra, yang diikuti oleh seluruh perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Koltim beserta wartawan yang bertugas di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo) Kabupaten Koltim, I Nyoman Abdi dalam sambutannya mengatakan bahwa latar belakang kegiatan tersebut sebagai dasar pemikiran standar para Opd maupun Wartawan.

Bupati Koltim Drs. Tony Herbiansyah saat diwawancara awak media usai launching internet dan aplikasi terintegrasi berbasiskan internet. Foto: Dekrit/Koransultra.com

“Kegitan ini juga sebagai panduan dalam mengelola keamana imformasi di lingkip Kabupaten Koltim nantinya. Sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang handal dan profesional di bidang informasi dan telekomunikasi,” kata Ini Nyoman Abdi.

Oleh sebab itu, lanjut I Nyoman dalam kegiatan tersebut, Dinas Kominfo mendatangkan Narasumber dari Dinas Kominfo Provinsi Sultra dan PWI Sultra. Guna pemberian pemahaman terhadap OPD dan Wartawan betapa pentingnya informasi dan telekomunikasi saat ini.

I Nyoman juga menyebutkan, jika saat ini Koltim telah launching internet dan aplikasi terintegrasi berbasiskan internet.

Ketua PWI Sultra, Sarjono saat membawakan materi dalam kegiatan workshop Foto: Dekrit/Koransultra.com

“Kita sudah mempunyai aplikasi PPID, aplikasi Simda, aplikasi Simpeg, aplikasi CCTV, dan aplikasi Absensi Digital. Aplikasi tersebut guna peningkatan kinerja OPD berbasis internet,” jelasnya.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah mengatakan, kendati Koltim telah menerapkan sistem internet yang berisi data Pemkab Koltim. Namun demikian, data tersebut tetap terjaga keamanannya.

“Data yang ada, dipublikasikan dengan baik. Khususnya dalam keamananya. Kebobolan data bisa saja terjadi jika diakibatkan kelalaian. Sehingga untuk mengantisipasi hal itu, Pemkab meningkatkan sumber daya manusia OPD dengan baik. Inilah tujuan dari workshop,” ujar Bupati Koltim.

Aplikasi yang baru saja di launching kata Tony Herbiansyah, akan terus ditingkatkan dan disempurnakan. Mengingat tekhnologi terus mengalamai perkembangan.

Kontributor: Dekrit

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here