Imbas Mutasi Sekdis Tanpa Persetujuan Mendagri, Server Diputus, Pelayanan Capil Kolut Lumpuh Total

Lasusua, Koransultra.com – Pelayanan data di Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), lumpuh total.

Pantauan Koransultra.com, tidak ada aktifitas pelayanan administrasi di kantor tersebut.

Dibalik pintu masuk, hanya ada pengumuman bahwa pelayanan untuk sementara tidak normal akibat jaringan.

Beberapa masyarakat yang hendak mengurus berkas terpaksa harus kembali pulang.

Berdasarkan keterangan dari Sekertaris Dinas (Sekdis) Disdukcapil Wagirang, kondisi tersebut sudah berlangsung selama dua hari. Hal ini akibat imbas dari mutasi mantan Sekdis Disdukcapil Tahir beberapa waktu lalu tanpa ada persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Sehingga semua sistem atau server dinonaktifkan atau diputus sementara.

“Barangkali menyangkut persoalan ini. Kemungkinan faktor ketidaktahuan. Seharusnya waktu pengusulan harus melalui Kemendagri lewat gubernur kemudian Disdukcapil Provinsi baru mengusulkan ke Dirjen begitu prosesnya. Tapi yang lalu, pelantikan dulu baru mengusul. berarti terlambat. Hal ini telah diatur oleh peraturan Pemendagri Nomor 119 tahun 2017 ,” ungkap Wagirang, Rabu (17/7/2019).

“Makanya setelah ini ketahuan oleh pusat, Mendagri memberikan teguran keras dengan memutus jaringan,” sambung Wagirang.

Pihak Disdukcapil sendiri belum mengetahui kapan pelayanan kembali normal. Kendati demikian pihaknya hanya menghimbau kepada masyarakat yang hendak mengurus data agar bersabar menunggu normalnya pelayanan.

“Pak Kadis sudah berada di Jakarta mengurus persoalan ini. Kalau mantan Sekdis (Tahir red) telah dikembalikan ke posisi semula begitupun sebaliknya, kemungkinan pelayanan kembali normal,” katanya.

Kontributor : Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here