Gandeng BLK Kendari, Disnaker Baubau Resmikan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Baubau, Koransultra.com – Pemerintah dalam upaya pengurangan angka pengangguran terbuka, melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja Zarta SE bersama Kepala Balai Pelatihan Kerja (BLK) Kendari resmikan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Non Institusional kepada 48 peserta untuk 3 Kelurahan di Kota Baubau. Bertempat di Kantor Kelurahan Tarafu. Selasa (30/7).

Kepala BLK yang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Fira Febrianti S.Si, mengatakan kegiatan BLK kali ini masuk tahap empat, dimana kegiatan PBK kali ini akan berlangsung di 3 Kelurahan secara bersamaan yaitu, Kelurahan Tarafu, Kelurahan Lanto dan Kelurahan Lamangga.

Selain itu, pada sambutan yang disampaikan Kadisnaker, setiap program pelatihan yang akan dijalani peserta adalah sebagai peningkatan keterampilan masyarakat pencari kerja, dan tentunya ini akan hasilkan tenaga kerja berkualitas, produktif, kompeten dan berdaya saing.

“Ilmu dan keterampilan yang didapat dari pelatihan pastinya langsung dipraktekan dalam kehidupan, juga membantu tumbuhnya kesejahteraan ekonomi. Semakin tinggi ilmu seseorang maka semakin tinggi pula tingkat kesejahteraannya,” Ucap Zarta.

Gandeng BLK Kendari, Disnaker Baubau Resmikan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Setiap Kelurahan akan dilatih oleh instruktur masing-masing bidang kegiatan. Tercatat, sebanyak 240 peserta dari Kelurahan Lanto jalani pelatihan program teknisi sepeda motor konvensional 7 durasi 30 hari. Sementara itu, ada 280 peserta dari Kelurahan Tarafu dilatih program pengelolaan administrasi perkantoran VI durasi 35 hari, dan untuk Kelurahan Lamangga jumlah peserta 280 didipelatihan program perhotelan 1.

Data keseluruhan, Kota Baubau tembus 19 paket pelatihan BLK untuk 304 peserta. Kedepan, Kadisnaker berharap para peserta mampu tingkatkan bakatnya dengan membuka lapangan kerja sendiri sesuai dengan perkembangan pasar kerja.

Diacara peresmian ini, hadir Kabid Penempatan Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja Dra.Asniar Kasim dan seluruh pegawai Disnaker Kota Baubau, Staf BLK Kendari, para Lurah, dan pihak instruktur.

Kontributor: Atul Wolio

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here