Klaster II Bursa Inovasi Desa Tahun 2019

Tirawuta, Koransultra.com – Bursa Inovasi Desa adalah Pameran kegiatan-kegiatan yang telah dinilai inovatif, terutama kegiatan pembangunan desa, bukan pameran barang, tapi merupakan tempat pertukaran ide-ide kreatif-inovatif sehingga memberi inspirasi dan altern atif pilihan kegiatan bagi pembangun andes akhususnya yang akan di danai melaui Dana Desa BID diharapkan dapat memberikan keleluasaan bagi Desa melakukan pertukaran inovasi desa dan membangun komit mendes adalam replikasi.

Hasil BID Tahun 2018 dari 117 desa sebanyak 93 desa yang mengisi kartu komitmen, dan 72 desa yang melaksan akan komitmennya dalam RKP Desa dan APB Desa tahun 2019 dengan nilai keseluruhan Rp8.941.946.300.

Klaster II Bursa Inovasi Desa Tahun 2019

Bupati Kolaka Timur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kolaka Timur Ir. EKO SANTOSO BUDIARTO, M.Si. bahwa Bursa Inovasi Desa adalah tahapan Program Inovasi Desa dan merupakan Program Nasional dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, yang sudah ketiga kalinya dilaksanakan ditingkat Kabupaten Kolaka Timur.

Kabupaten Kolaka Timur sebagai Kabupaten baru harus terus berinovasi, mempraktekkan kebaruan ilmu pengetahuan dan melakukan praktek – praktek cerdas dalam pengelolaan sumber daya alam dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Klaster II Bursa Inovasi Desa Tahun 2019

Untuk menemukan solusi permasalahan di desa yang bersifat inovatif, pemerintah desa dan masyarakat harus bersinergi melihat potensi dan permasalahan yang ada di desa untuk di musyawarah kan dan di tindaklanjuti secara bersama – sama sehingga dapat menghasilkan solusi yang menyentuh langsung masyarakat, berda mpak luas dan berkelanjutan.

Program Inovasi Desa melalui kegiatan Pemerintah Daerah dalam. “Mewujudkan Kabupaten Kolaka Timur sebagai wilayah yang unggul dibidang Agribisnis,”.

Produk unggulan yang dihasilkan desa harus berdayasaing dan mampu memenangkan persaingan pasar yang lebih luas di tingkat Provinsi bahkan Nasional.

Klaster II Bursa Inovasi Desa Tahun 2019

Saya yakin dengan kerja keras dan dukungan semua pihak, kita dapat bersaing secara kompetitif dengan daerah lain.
Ditahun 2019 kita juga patut berbangga diri karena telah ada dua desa ide novatifnya masuk dalam menu nasional bursa inovasi desa yaitu :

1. Desa Roko-roko Kec. Tirawuta dengan nama kegiatan membudayakan tertib pajak melalui budi dayat anaman holtikultura (pisang).

2. DesaTetewuaKec. Dangia, dengan nama kegiatan membuat cadangan air desa di saat kemarau dengan memanfaatkan lahan rawa menjadi kolam ikan.

Klaster II Bursa Inovasi Desa Tahun 2019

Ditegaskan bahwa agar semua desa mereplikasi kegiatan Inovatif yang disajikan pada menu Bursa Inovasi Desa Tahuan Anggaran 2019 yang sesuai dengan potensi dan kondisi desanya masing-masing, bukan hanya sampai pada mengisi kartu komitmen tetapi juga dimasukkan dalam RKP Desa dan APBDesa Tahun Anggaran 2020.(*)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here