Baubau Buka Lomba Desain dan Fashion Show Khas Kain Tenun

Baubau, Koransultra.com – Kearifan lokal khas Kota Baubau, salah satunya kain tenunan para pengrajin, merupakan salah satu peninggalan yang memiliki makna mendalam bagi seluruh masyarakat Buton.

Melalui Tenun Festival 2019 tingkat Kota Baubau, yang dimulai dari tanggal 8 s/d agustus ini, masyarakat Kota Baubau berkesempatan melihat hasil karya seni kain tenun. Selain itu juga, Talk Show ini diselenggarakan bersama Isteri Gubernur Sultra, Agista Ariany Ali Mazi SE (Ketua Deskranada Provinsi Sultra dan ditemani Desainer Nasional Defrico Audi.

Wali Kota Baubau Dr.H.AS.Tamrin.MH dalam hal ini diwakili Kepala Bappeda La Ode Aswad SE MSI, didalam sambutannya mengatakan acara ini patut terus ditingkatkan, sebagai bagian dan upaya meningkatkan
nilai ekonomi, serta lebih memperkenlkan lebih luas karya seni para pengrajin.

“Terutama Agar supaya para pengrajin tenunan kain Buton lebih mendapatkan support. Pastinya tidak lepas dari interfensi pemerintah,” Tuturnya saat membuka secara resmi kegiatan Fashion Show di Lippo Plaza Kota Baubau, Kamis (8/8).

Baubau Buka Lomba Desain dan Fashion Show Khas Kain Tenun

Tambahnya, “Kearifan lokal seperti ini patut terus ditumbuhkan, dari zaman dahulu kala hingga kini perlu ditindaklanjuti,”.

Penyelenggaraan festival ini hadir Dekranasda Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Baubau yang bekerja sama dengan Disperindag Sultra.

“Agar pengrajin tenunan punya legitimasi, harus punya hak paten, sebagai landasan kuat, agar pengrajin tetap terjaga, sehingga perlu peran pemerintah,” Beber Aswad.

Kedepan, jenis kain ini dapat dimodivikasi untuk lebih memberi kualitas dan nilai ekonomi,” Pungkasnya.

Dalam festival kain Tenun kali ini, beberapa model kain tenunan dan dari beberapa kategori yang ditampilkan, mulai dari kategori tingkat SMU, Umum, SKPD, dan Kategori Isteri Camat dan Lurah.

KONTRIBUTOR : ATUL WOLIO

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here