Kasinlog Kolaka Deni

Kolaka, Koransultra.com – Kepala Seksi Logistik (Kansilog) Kantor Badan Urusan Logistik Kabupaten Kolaka, Deni memastikan dibulan agustus 2019, penyaluran bantuan Beras Sejahtera (Rastra) akan dihentikan dan digantikan dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pemerintah melalui Kementerian Sosial mengubah penyaluran beras menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada 2019.

“Untuk itu penyaluran sampai dengan program bantuan Bansos sastra ini akan berakhir di Agustus nanti dan September akan berubah program menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” jelasnya saat ditemuai diruang kerjanya jum,at ( 9/8/19 ).

Ia menuturkan, untuk mekanisme penyerahan BPNT ini akan diserahkan ke pasar bebas artinya siapa saja boleh menjual beras karena Bulog bukan satu-satunya penyedia beras ataupun telur yang nantinya akan diprogramkan oleh Kemensos. Namun hingga bulan agustus Bulog Kolaka masih menyalurkan beras program Rastra.

“Sampai dengan bulan Agustus kami masih menyalurkan beras Rastra, dan untuk menjaga kualitas beras sendiri kita ada yang namanya maintenance harian atau atau mingguan dan itu harus dilaporkan kualitasnya dan apabila ingin disalurkan kita akan mengajak tim koordinasi pangan dalam hal ini Dinsos untuk mengecek di gudang kami apakah layak salur atau tidak jadi kita adakan peninjauan kembali kualitas barang yang ingin disalurkan dengan tim Bansos, lalu kita akan bikin berita acaranya lalu akan disalurkan,” ujarnya.

Untuk penyaluran BPNT belum dipastikan berapa banyak yang akan disalurkan karena itu merupakan perluasan dari Bansos Rastra dan yang akan menangani itu langsung adalah Dinas Sosial bukan lagi Bulog jadi pedomannya yaitu diserahkan ke pasar bebas dan siapa saja boleh ikut menjadi penyedia komuniti seperti beras dan telur.

Mengenai stok beras yang tersedia, itu sekitar 3000 ton serta kwalitas dan harga beras masih stabil

“Kalau Bulog jual medium Rp 8.600 dia jual Rp 8.300 nanti ketika harganya sudah 10% diatas Rp 8.600 baru kita operasi pasar,” tutur Deni

Ia menjamin untuk harga beberapa komoditi di pasaran hingga kemarin masih dalam keadaan stabil.

Ditempat terpisah, Darwis.s.sos Kasi Pengelolaan, Penyaluran Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan Dinas Sosial Kolaka menjelaskan, jika pergantian rastra menjadi BPNT merupakan program baru dari pemerintah pusat. Akan diloncing dibulan september untuk di Kabupaten Kolaka.

“Penerima program BPNT yakni, masyarakat yang kemarin adalah menerima rastra yaitu sebanyak 13.451 rumah tangga dan telah disediakan di 110 warung dari kerjasama Bank mandiri, masyaraka nantinya mengambil bantuan pangan tersebut diwarung-warung yang telah ditunjuk,” tuturnya.

Kontributor: Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here