Ketua KPU Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias bersama Ketua Bawaslu Koltim Rusniati Nur Rakibe Foto: Dekrit

Tirawuta, Koransultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menggelar ‘Rapat Pleno Terbuka Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Koltim dalam Pemilu 2019’, di Aula Paripurna kantor DPRD tersebut, Senin (12/8/2019).

Dalam kesempatan itu, dipastikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Koltim, selama lima tahun ke depan akan didominasi wajah-wajah baru.

‎”17 orang calon terpilih merupakan wajah baru, sementara 8 calon terpilih lainnya adalah incumbent atau orang-orang lama,” kata Ketua KPU Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias.

Suprihaty menyebutkan dari 25 kursi di DPRD Kabupaten Koltim, perolehan terbanyak diraih Partai Nasional Demokrasi Indonesia (Nasdem) yakni delapan kursi. Lalu, disusul Partai Amanat Nasional (PAN) empat kursi, Kemudian Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiga kursi.

Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi DPRD Koltim Foto: Dekrit

Sedangkan Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Golongan Karya (Golkar) dua kursi kemudian satu kursi dari Partai Bulan Bintang (PBB).

“Dengan ini semua sudah sah, tinggal pelantikan. Berita acara sudah ditandatangani dari semua saksi parpol serta disaksikan dari Bawaslu,” urainya.

Selaian dihadiri lima komisioner KPU Koltim, rapat pleno yang berlangsung di Aula DPRD setempat tersebut juga dihadiri berbagai pihak. Antara lain para saksi dari partai politik, Bawaslu, Sekwan DPRD Kabupaten Koltim, dan Penjabat Sekda Kabupaten Koltim.

‎Ia menambahkan, dari 25 anggota DPRD terpilih 10 dari kalangan perempuan 15 lainnya dari kalangan laki-laki.

“Setidaknya ada 40 persen caleg perempuan dan melampaui target. Sedangkan kami hanya berharap ada 30 persen dari caleg perempuan yang terpilih. Jadi ini melampaui target,” katanya.

Dengan selesainya rapat pleno terbuka ini, maka tahapan di KPU sudah sepenuhnya rampung. Langkah selanjutnya adalah koordinasi dengan Sekretariat Dewan (Setwan) untuk persiapan pelantikan.

Dalam kegiatan rapat pleno tersebut Tidak ada pertanyaan keberatan dari pihak manapun.

Kontributor: Dekrit

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here