Jelang Musim Kemarau, Warga Kolut Diimbau tak Bakar Lahan

Lasusua, Koransultra.com – Kepolisian Resort Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar rapat koordinasi bersama dengan instansi terkait guna mengantisipasi meluasnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) jelang musim kemarau, Aula Rujab Polres Kolut, Kamis (15/8/2019).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Kolut, AKBP Susilo Setiawan Sik mengimbau warga agar tak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Ini arahan dari Presiden,” kata Kopolres.

Kapolres juga mengajak seluruh jajarannya dan seluruh elemen masyarakat untuk bekerjasama dan sinergi mencegah terjadinya bencana kebakaran lahan dan hutan.

“Jadi, saya menginstruksikan jajaran Polsek untuk terus berkordinasi dengan Camat dan Kepala Desa bersama sama dengan masyarakat turun jika ditemukan titik api kebakaran lahan dan hutan didaerahnya,” pinta Kapolres.

Sementara, Bupati Kolut Nurahman Umar menegaskan kepada Jajaran OPD terutama pihak dari dinas BPBD dan Damkar agar selalu siaga dalam menghadapi musim kemarau ini.

“Peralatan harus selalu stanbay. Jangan sampai ada musibah kebakaran hutan dan lahan secara tiba-tiba,” harap Bupati.

Bupati meminta kepada masyarakat, pemerintah Desa dan Kecamatan agar saling bahu membahu dalam menangani persoalan kebakaran hutan.

Hadir dalam rapat tersebut diantaranya, Bupati, Kapolres, Kajari, Ketua DPRD, Dandim 1412 Kolaka yang diwakili oleh Danramil 1412-05 Pakue, para kabag, Kasat, Kasi polres kolut, para Kapolsek jajaran Polres Kolut, para OPD Pemda Kolut serta para camat.

Rakor tersebut digelar juga untuk mendengar masukan dari semua pihak terkait pengendalian serta penanganan kebakaran hutan dan lahan dengan mengambil tema “Kesiapan Penanganan Karhutla tahun 2019 di wilayah hukum Polres Kolaka Utara” dalam mencegah terjadinya kebakaran.

Kontributor : Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here