Ratusan Obor Meriakan Malam Taptu di Wakatobi

Wakatobi, Koransultra.com – Ratusan anggota Pramuka, pelajar SLTA, dan SD berhasil memerahkan suasana malam penetapan waktu (taptu) di Ruas Jalan Lebe Umara Kabupaten Wakatobi menyambut Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus. Jum’at, (16/08).

Perwira Penghubung Kodim 1413 Buton untuk Kabupaten Wakatobi Kapten Irham Katili mengatakan, makna yang tergambar dari taptu dan pawai obor untuk mengingat kembali perjuangan pahlawan kemerdekaan yang dimanifestasikan melalui pergerakan membawa obor.

“Melalui pergerakan membawa obor di malam taptu ini diharapkan bisa meresapkan semangat para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan kepada generasi sekarang,” ujar Irham Katili.

Irham Katili mengatakan, latar belakang sejarah dari pelaksanaan taptu dan pawai obor tidak terlepas dari upaya mengingat kembali perjuangan para Pahlawan Bangsa hingga mencapai Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Melalui tradisi jelang Peringatan HUT Proklamasi ini peserta Upacara Taptu bergerak melintasi rute jalan di pusat kota sambil membawa obor. 

Upacara Taptu di Kabupaten Wakatobi dihadiri Bupati H. Arhawi dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Peserta Upacara Taptu terdiri masing-masing, TNI, Polri, PNS, Pramuka, Satpol PP, Pelajar SLTA, dan Dinas Kesehatan.

Kegiatan Taptu dilanjutkan dengan renungan suci dan ziarah ke Malam Pahlawan di Desa Komala  Kecamatan Wangi-Wangi Selatan.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here