Tragedi Agustus 2019, IMKB Makassar Kecam Pecat Kasat Pol-PP Baubau

Baubau, Koransultra.com – Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Kota Baubau (IMKB) Makassar, Muhammad Adan Ramadhan panggilan akrab Dadang, mengecam keras tindakan represif yang dilakukan oleh anggota Satpol-PP Kota Baubau, pada Kamis lalu (15/8).

Berbagai kemeriahan peringatan HUT RI ke – 74 tahun 2019 di Kota Baubau dengan menampilkan bermacam peserta gerak jalan indah (GJI). Kebahagiaan itu seketika lenyap, bukannya merayakan hari kemerdekaan. Pasalnya, lagi – lagi diwarnai insiden pemukulan, diduga kuat dilakukan salah seorang anggota Satpol-PP kepada peserta gerak jalan perwakilan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Baubau.

“Ini adalah hal memalukan yang sangat-sangat tidak pantas dilakukan oleh seorang aparat keamanan. Harusnya aparat keamananlah yang melerai juga mencegah ketika kemudian ada hal-hal seperti ini, bukan justru malah menjadi pelaku,” Tegas Dadang.

Menurutnya, tindakan tersebut tidak dapat dibenarkan, sebab bukan sebuah tindakan yang seharusnya dilakukan oleh seorang aparat keamanan. Rasa aman, rasa tentram juga rasa saling membantu yang diharapkan masyarakat kepada para aparat keamanan itu kemudian hilang seketika karena adanya kejadian-kejadian semacam ini.

“Saya sangat menyayangkan tindakan represif yang telah dilakukan oleh anggota Satpol-PP terhadap salah seorang peserta barisan gerak jalan ini. Dan saya mengecam keras hal demikian,” Tambahnya.

IMKB Makassar menaruh harapan, insiden itu dapat direspon cepat oleh pihak eksekutif Kota Baubau serta pihak berwajib dalam hal ini Polres Baubau untuk memproses oknum yang diduga pelaku,

“Menurut saya, Kasatpol PP harus dipecat karena tak mampu meminimalisir hal-hal semacam ini agar tak dilakukan oleh para anggota satpol PP yang notabenenya adalah sebagai pengaman dan juga pengayom masyarakat,” Pungkas Dadang.

KONTRIBUTOR : ATUL WOLIO

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here