Wawakot Sesalkan Aksi HMI Baubau Salah Tempat

Baubau, Koransultra.com – Tidak terlewatkan begitu saja, dua periode Kepemimpinan Wali Kota Dr.H.AS.Tamrin.MH sebagai Wali Kota Baubau didampingi seorang Wakil Walikota La Ode Ahmad Monianse (Tampil Manis), bersama seluruh masyarakat meriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke – 74. Hal itu, salah satunya adalah pesona dari berbagai peserta lomba Gerak Jalan Indah (GJI), dihiasi tampilan unik nan indah dari bermacam fariasi nan elok.

Sayangnya, terlihat ada yang berbeda. Ternyata sebuah ekspresi teaterikal terjadi dihari yang amat bahagia itu, buat masyarakat Kota Baubau khususnya. Pasalnya, sekelompok peserta GJI dari barisan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Baubau. Sesaat, setelah usai tampilkan performance indahnya, timbul bentrok dengan Satpol-PP yang sedang berjaga di lokasi.

Hasil bentrok itu, seorang peserta GJI HMI kena tonjok dari arah petugas Pol-PP. Tetapi, aksi spontan kader HMI perkeruh suasana bahagia di hari bersejarah RI yang sangat disesalkan Wakil Walikota Baubau.

“Seharusnya teman-teman bisa mencari momen yang tepat. Jangan kasian suasana batin masyarakat Kota Baubau, dan masyarakat Indonesia pada umumnya, yang ingin merayakan kemeriahan HUT Proklamasi RI yang ke – 74, dicoreng dengan tindakan seperti itu,” Ungkap Monianse, pada Kamis lalu (15/8).

Tambahnya, “Jangan dicoreng dengan tindakan seperti itu, saya sangat sesalkan itu. Kalau mereka ingin jalur hukum silahkan, selain kapasitas saya sebagai wakil Walikota, juga saya juga sebagai alumni HMI,”.

Selain itu, Monianse juga menyebutkan, Satpol-PP sebagai Kamtibmas, tentu didalam agenda resmi ini, akan melakukan upaya netralitas kondisi. Terlepas dari itu, adapun terjadi gesekan saya kira itu sudah diluar kendali, Katanya.

Pemerintah Kota tidak melarang mereka untuk melakukan baris berbaris, buktinya mereka sampai ke podium. Terkait opini masyarakat,
“Atas kejadian itu, saya kira masyarakat sudah cerdas menilai bagaimana sesungguhnya,” Cetusnya.

Menurutnya, organisasi besar seperti HMI sepatutnya punya cara lain yang lebih elegan, tidak menggunakan panggung orang lain, serta mengecam bila menggunakan panggung orang lain.

Orang nomor satu Partai PDI.P Kota Baubau berharap agar teman-teman HMI mampu introspeksi diri. Atas insiden itu, HMI menunjukkan ketidak-dewasaannya. Saya sebagai kader HMI sangat kecewa dengan caranya, Katanya.

“Justru yang saya sesalkan , setelah mereka sudah bubar ingin masuk kembali untuk melakukan orasi,” Tandasnya.

KONTRIBUTOR : ATUL WOLIO

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here