Dua Tahun Beroperasi PT.Ceria Berikan Rp216 Miliar Pemasukan ke Negara

Kolaka, Koransultra.com – Aktivitas pertambangan produksi nikel yang dilakukan PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, sejak 2017 hingga saat ini, sudah memberikan pemasukan Kepada Negara sebesar Rp.216 Millyar.

Pembayaran yang dilakukan oleh PT.Ceria Nugraha Indotama memberikan dalam bentuk pajak dan non – pajak yang terdiri dari pajak penghasilan, PBB Sektor Tambang, Pendapatan Negara Bukan Pajak Royalti, PNBP Jasa Kepelabuhan dan Bea Keluar. Pembayaran pajak selama 2017 – 2019 mencapai Rp31 miliar sedangkan setoran non-pajak mencapai 185 miliar.

“Pembayaran pajak dan non-pajak itu merupakan hasil penjualan bijih nikel keluar negeri dari Oktober 2017 sampai Juli 2019, kami selalu mematuhi peraturan yang berlaku dalam melaksanakan setiap segi kegiatan usahanya termasuk dalam segi kewajiban keuangan kepada Negara,” kata Derian Sakmiwata, Direktur Utama PT. CNI pada siaran pers Jum,at ( 23/8/19 ).

Dijelaskannya, saat ini PT. CNI sedang membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian serta sarana pendukungnya dengan menggandeng China ENFI Engineering Corporation dari China untuk rancangan rekayasa dan teknologi peleburan; PT PP (Persero) untuk konstruksi sipil dan PT PLN (Persero) untuk pasokan tenaga listrik.

Selain membayar kewajiban keuangan kepada negara, PT. CNI juga berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam pembangunan daerah.

Dua Tahun Beroperasi PT.Ceria Berikan Rp216 Miliar Pemasukan ke Negara

“Selain membayar kewajiban keuangan kepada pemerintah, PT. CNI juga berkontribusi bagi pembangunan daerah melalui perekrutan tenaga kerja lokal, pengembangan usaha lokal dan program tanggung jawab sosial,” tambah Derian.

Dijelaskannya, saat ini PT. CNI mempekerjakan sekitar 1400 karyawan langsung dan tidak langsung. Lebih dari 75% karyawan tersebut direkrut dari Kabupaten Kolaka.

“Kami juga memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat dalam program pengembangan masyarakat, ” jelas Derian.

Sementara Maneger Legal PT.CNI, Kenny Rochlim menambahkan, jika PT. CNI merupakan perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi dengan komoditas nikel. Ceria dimiliki oleh 100% pengusaha nasional.

Kontributor : Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here