Bupati Koltim Drs H Tony Herbiansyah MSi (tengah baju biru), sedang mengecek Kakao siap ekspor milik salah satu koperasi di Jembrana, Selasa (27/8) Foto: Istimewa.

Tirawuta, Koransultra.com – Sebagai salah satu kabupaten yang unggul dibidang Perkebunan Kakao, Kolaka Timur (Koltim) terus berupaya menggenjot berbagai langka dalam peningkatan produksi tanaman budidaya tersebut.

Hal itu dibuktikan dengan ditunjuknya Kolaka Timur sebagai daerah pilot project peremajaan kakao.

Tentu ini merupakan tanggungjawab yang harus dipikul bersama. Baik pemerintah, maupun para petani kakao. Kedua pihak harus bersinergi dalam pencapaian produksi kakao terbaik.

Belum lama ini Bupati Koltim, Tony Herbiansyah bersama Kepala Dinas Perkebunan, Sawal Sarifudin melaksanakan study dengan mengunjungi salah satu koperasi yang berada di Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali.

Kakao siap ekspor milik salah satu koperasi di Jembrana, Foto: Istimewa

Tujuannya tak lain, dalam rangka studi belajar koperasi kakao yang telah diekspor ke mancanegara.

Luar biasa bukan, kini Kabupaten yang baru seumur jagung itu mencanangkan bakal menproduksi dan menjual kakao hingga ke mancanegara atau luar negeri.

Sebagai langkah kongkrit, Bupati Koltim terus berinovasi serta mencari berbagai referensi dalam perwujudan tersebut.

“Disalah satu koperasi di Jemberana ini, mereka telah mengekspor kakao hingga berbagai negara di eropa. Diantaranya, Francis, Belgia dan Inggris. Nantinya, akan menjadi rujukan kita di Koltim bagaimana agar kakao kita bisa di ekspor,” tutur bupati usai mengunjungi sejumlah koperasi di Jembrana.

Dikatakan Tony, apa yang dilakukan koperasi dan pemerintah Jembrana saat ini, bisa menjadi contoh atau rujukan pemerintah dan petani kakao khususnya di Koltim.

Kontributor: Dekrit

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here