Bupati Arhawi Serahkan Bantuan Rumah BSPS di Pulau Kaledupa

Wakatobi, Koransultra.com – Bupati Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara, Arhawi kembali menyerahkan bantuan dari Kementrian PU dan Perumahan Rakyat, melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Sebanyak 40 rumah baru siap dibangun di Pulau Kaledupa, perunit rumah capai Rp.35 juta.

Bantuan pembangunan rumah baru BSPS itu diserahterimakan langsung Bupati, Arhawi dihadiri beberapa kepala organisasi perangkat daerah, Camat Kaledupa, Camat Kaledupa Selatan, dan sejumlah unsur musyawarah pimpinan kecamatan di Aula Kecamatan Kaledupa. Sabtu, (07/09/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Wakatobi Arhawi mengatakan, penyerahan bantuan secara langsung sangat banyak manfaatnya mengingat beberapa hal yang ingin disampaikan, terutama mengenai hasil rapat OPD terkait tugas penyelenggara pemerintahan agar memiliki sinergitas dalam rangka percepatan pembangunan

Hasil rapat lintas OPD salah satu kendala adalah bagaimana tugas-tugas pemerintahan tidak tumpang tindih. Karena selama ini yang terjadi penyelesaian hanya setengah, sehingga setelah selesai tidak dimanfaatkan dengan baik.

Bupati Arhawi Serahkan Bantuan Rumah BSPS di Pulau Kaledupa

“Sehingga ini yang membuat saya harus tegas dalam upaya pengawasan jika serapan dana dari sumber pembiayaan pusat itu tak diporsikan dengan baik maka kabupaten Wakatobi akan sangat minim pembangunannya,” paparnya.

Kendati serapan anggaran itu masih banyak difokuskan di ibukota Kabupaten yang telah  memiliki perencanaan secara nasional. Namun, Wakatobi dua terutama di Pulau Kaledupa tidak pula diabaikan.

“Kalau itu tidak diupayakan maka tidak mungkin ada loncatan pembangunan. Dari total 1 Triliun lebih, 35 persen lainnya adalah peningkatan jalan di Pulau Kaledupa,” kata Arhawi.

Bahkan Bupati Wakatobi mengusulkan agar pelayanan Bank BTN bisa bermitra dengan Bank Sultra sehingga dipermudah pencairan dana di Kaledupa.Tujuannya masyarakat tak lagi mengeluarkan biaya dalam penuntasan rumah bantuan tersebut.

Sementara itu, Kadis Perumahan dan Pemukiman, Aswiadi menyebut dana BSPS bersumber dari APBN dan APBD sebanyak 603 unit dengan nilai total anggaran sebesar Rp.10,5 Milyar. Dana itu mengalami peningkatan, tahun 2018 lalu anggaran BSPS sebanyak Rp.9 Milyar.

“Sebanyak 553 berupa peningkatan kualitas dan 50 unit pembangunan baru. Terbagi atas 3 lokasi diantaranya 10 unit berada di Kecamatan Wangi-Wangi, 20 unit di Kecamatan Kaledupa demikian 20 unit lainya ditempatkan di Kecamatan Kaledupa Selatan,” ujar Aswiadi.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here