Badan Penanggulangan Bencana Daerah Koltim berusaha menangani kabut asap yang terjadi di Lalolae dan Tinondo

Tirawuta, Koransultra.com – Pemerintah Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) dan Persandian Kabupaten Kolaka Timur, I Nyoman Abdi, membantah stigma miring yang berkembang di masyarakat jika pihak pemerintah setempat tidak peduli terhadap penanganan kebakaran lahan gambut dan penanganan asap yang terjadi di daerah itu.

“Pemerintah Kolaka Timur, selama kebakaran lahan gambut yang terjadi di Kecamatan Lalolae dan Tinondo sudah pro aktif dalam melakukan penangan dan pemadaman,” kata I Nyoman Abdi, pada Koran Sultra di Tirawuta, Rabu, (11/9/2019).

Dikatakannya, Pemerintah telah membangun dapur umum dan mengerahkan mobil tangki dan pemadam kebakaran untuk stand by di Kecamatan Lalolae.

Tim Medis Koltim membagikan masker pada warga agar tidak terkena ISPA akibat asap

Selain itu kata I Nyoman, Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah juga telah bertemu langsung dengan kepala BNPB pusat, guna meminta bantuan helikopter untuk pemadaman asap akibat kebakaran yang terjadi di Kolaka Timur.

“Kepastian bantuan helikopter tersebut disampaikan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, saat menerima kunjungan Bupati Kolaka Timur, H Tony Herbiansyah di Kantor BNPB Jakarta, Selasa (10/9) dan secepatnya akan dikirim ke Kolaka Timur,” ujarnya.

Diungkapkan I Nyoman, jika dirinya saat ini merasa heran, apa motif dari oknum yang berusaha menyebarkan informasi miring, bahwa seakan pemerintah tidak peduli dengan kondisi kebakaran yang terjadi saat ini.

“Bahkan bupati Kolaka Timur juga turun langsung di lapangan bersama pihak terkait yakni Forkopimda untuk melihat langsung lahan terbakar dan melihat aktivitas pemadaman,” katanya.

Kontributor: Dekrit

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here