Ratusan Warga Padati Rumah Terbakar Hangus di Baubau

Baubau, Koransultra.com – Kebakaran besar kembali terjadi dikawasan padat penduduk. Kali ini amukan api tak terelakkan hingga melalap dua bangunan rumah warga di Kelurahan Wangkanapi, Kecamatan Wolio Kota Baubau. Seluruh rumah itu hangus terlahap sijago merah, bahkan nyaris rata dengan tanah. Rabu (11/09)

Kebakaran ini terjadi siang, sekitar pukul 13:30 wita seorang warga mengontak Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Baubau guna mengabarkan telah terjadi kebakaran,
“Setelah dapat dikontak, kita langsung bergegas,” Ucap Kadis Damkar Tamsir Tamin.

Sambungnya, “Ada dua rumah yang terbakar, untuk penyebabnya sementara masih dalam penyelidikan. Kita bisa lihat sendiri kondisi rumah hancur,”.

Warga yang melihat terlihat ramai (padat, red), bahkan sebagian warga ikut membantu padamkan api. Sempat terjadi kemacetan, mobil pemadam pun sedikit kesulitan untuk tiba dititik lokasi kebakaran, pasalnya arus lalu lintas dan warga yang memadari titik lokasi,

“Awalnya sedikit macet karena padatnya warga dan kendaraan , tapi setelah kita koordinasikan dengan pihak Kepolisian akhirnya bisa teratasi,” Kata Tamsir.

Dalam kejadian ini, Dinas Damkar langsung turunkan 5 (lima) armadanya untuk melunakkan sijago merah. Hanya saja setelah api mengenai kendaraan akhirnya api pun terhambur (merembes, red) kerumah sebelah.

Sampai berita ini dimuat, belum dapat ditaksirkan berapa jumlah kerugian atas ludesnya dua buah rumah tersebut.

Diinfokan langsung Kadis Damkar, bahwa Kota Baubau saat ini masih cukup tinggi titik yang dapat menimbulkan kebakaran. Bahkan setiap hari sampai 5-6 titik. Hari ini juga di Samparona sedang terjadi kebakaran lahan.

Ratusan Warga Padati Rumah Terbakar Hangus di Baubau

“Kapasitas air yang biasa diambil sudah kering, sehingga harus menggunakan air asin (air payau)

Khususnya kepada masyarakat, Kadis menghimbau, karena musim kemarau, buat lahan bila dibersihkan cukup dipangkas jangan lagi menggunakan api karena sangat berbahaya, sebab panas dan angin kencang dapat memicu kebakaran besar. Kedua, kepada masyarakat kota, jagalah rumah terutama listrik karena banyak sumber kebakaran difaktorkan arus pendek.

Diketahui catatan Dinas Damkar, untuk Tahun 2019 wilayah Kota Baubau sudah ada 24 titik lokasi kebakaran, diluar titik kebakaran saat ini.

KONTRIBUTOR : ATUL WOLIO

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here