Ali Darman Koordinator SDM dan Organisasi Bawaslu Muna, lakukan sosialisasi membangun kesadaran komitmen melalui siswa siswi SMA Negeri 2 Raha untuk berpartisipasi dalam pengawasan tahapan pilkada 2020.

Raha, Koransultra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muna membidik kalangan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), sosialisasi pengawasan partisipatif dalam mengawasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 menuju pemilu yang demokratis dan berintegritas.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di SMA Negeri 2 Raha yang diikuti puluhan siswa, untuk mengetahui peran serta dalam pengawasan, Bawaslu dengan tema “Sosialisasi Pengawasan Partisipasi Bawaslu Goes To School”

Sasaran utama dalam melibatkan para siswa memberikan pembelajaran politik mengenai tahapan pilkada, apa yang tidak boleh dilakukan paslon sehingga pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati mendatang berjalan aman, sukses dan kondusif.

“Siswa ataupun masyarakat jangan takut dalam memberikan informasi awal atau melaporkan dugaan pelanggaran pilkada yang terjadi diwilayahnya, persoalan nama pelapor ini akan dirahasiakan sehingga antara pelapor dan terlapor tidak terjadi konflik, “ujar Ali Darwan Koordinator SDM dan Organisasi Bawaslu Muna, Jumat 20 September 2019.

Salah satu siswa SMA 2 Raha, Muhammad Raziet Muaqi menyikapi, bersyukur atas terselenggaranya sosialisasi dalam memberikan pendidikan mengenai tahapan pilkada dan ikut berpartisipasi dalam menyukseskan pilkada 2020.

“Setelah mendengar penjelasan pemateri sekarang lebih tau mengenai pelanggaran pemilu, tahapan pilkada hingga apa harus dilakukan ketika melihat oknum yang bermain dalam pilkada, dan berharap tidak terjadi PSU, “beber.

Kontributor: Bensar Sulawesi

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here