Proses Pengukuhan Dan Pelantikan Dr. Roni Muhtar M. Pd sebagai Ketua Kwarcab Kota Baubau Periode 2019 – 2024 Foto: Muhlis/Koransultra.com

Baubau, Koransultra.com – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Sulawesi Tenggara (Sultra), H Irawan Aliasa SE MSi resmi mengukuhkan sekaligus melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Baubau, diruang Aula Kantor Wali Kota Baubau, Senin (23/9/2019).

Kegiatan pelantikan itu dihadiri Wakil Wali Kota La Ode Ahmad Monianse, dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, bersama para Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Irawan Aliasa dalam sambutannya mengungkapkan rasa haru atas pelantikan tersebut.

“Saya terharu. Karena semangat dari kakak yang dilantik, baik Majelis Pembimbing maupun Kwarcab ini sangat tinggi. Peran pembina dari unsur Kwarcablah yang menjadi ujung tombak dari gerakan pramuka. Tatanan Kornas dan Korda itu tatanan kebijakan. Tetapi, operasional itu ada di Kwarcab,” ungkap Irawan.

Menurut Irawan, penataan pramuka di Baubau bukan baru kali ini terbentuk tetapi dari puluhan tahun lalu.

“Gerakan pramuka ini sudah maju dari dulu sampai sekarang ini,” kata Irawan.

Irawan menuturkan, bahwa pendidikan tidak sama seperti membuat bangunan fisik. Tetapi, makna dan tujuan pembinaan pramuka pada peserta didik itu adalah pembinaan karakter.

“Jika kita dilihat dari sudut pandang masyarakat, Ormas pramuka ini beda dengan ormas lain. Sebab, Ormas pramuka sudah triparti dalam Trisatya (sumpah/janji) dan dilaksanakan melalui Dasadarma, mulai dari agama sampai pada alam sekitar,” ujar Irawan.

Dikatakan Irawan, peran Mabi adalah memberi dukungan moril dan materil. Sebab struktur pramuka berhulu dari pusat hingga turun ke Daerah secara otomatis.

“Dapat dikatakan bahwa ormas pramuka ini bisa dianggap menganut semi pemerintah,” ucap Irawan.

Untuk itu, Ketua Kwarda Sultra ini berharap kepada para pengurus yang telah dilantik harus dengan jiwa kesukarelawan yang tinggi.

“Jadi tidak cukup dengan materil saja, tapi bagaimana sentuhan hati kepada peserta didik baru bisa sukses,” pungkasnya.

Diwaktu yang sama, As Tamrin juga menjelaskan bahwa Kwarcab pramuka merupakan wadah implementasi dalam mencetak kader untuk generasi muda kedepan. Dimana generasi mudah ini nantinya yang akan menguasai iptek dan imtak, sehingga moral dan karakter terbangun.

“Semua kegiatan orientasinya pada perbaikan moral, yaitu sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila, karena didaerah kita ada PO-5, maka diwujudkan pula pada tingkah laku peserta didik,” terangnya.

As Tamrim hanya berharap kepada pengurus Kwarcab Baubau agar bisa solid dan kompak. Sebab mereka akan menjadi contoh kepada generasi yang mereka bimbing.

Sekedar diketahui, Mabicab pramuka yang baru dilantik diketuai oleh Wali Kota Baubau As Tamrin MH serta Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Baubau yang di ketuai Roni Muhtar.

Pelantikan itu juga sekaligus berakhirnya pengurus Kwarcab Kota Baubau periode 2014-2019.

Kontributor : Atul Wolio

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here