Ketgam. Asisten I, Drs. Ashar saat membuka Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia di Hotel Berlian Lasusua, Kolut, Kamis (10/10/2019). Foto Fyan/Koransultra.com

Lasusua, Koransultra.com – Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar penyuluhan penggunaan bahasa yang baik dan benar bagi masyarakat Kolaka Utara (Kolut), di salah satu hotel di Kolut.

Kegiatan tersebut bakal berlangsung selama tiga hari. Dimulai dari Kamis, tanggal 10 sampai dengan Sabtu 12 Oktober 2019. Kegiatan ini juga melibatkan peserta dari perwakilan PNS, aparat Desa, Kecamatan hingga Jurnalis lokal Kolut.

Peneliti Madya Bidang Bahasa Kantor Bahasa Sultra, Firman mengatakan, penggunaan bahasa Indonesia pada badan publik memiliki peran penting dalam upaya memaksimalkan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.

Menurut Firman, bahasa Indonesia adalah bahasa negara yang harus digunakan dengan baik dan benar, termasuk untuk komunikasi resmi dalam surat dinas.

“Pada dasarnya, penulisan surat resmi pada badan publik kadang mengandung bentuk-bentuk kesalahan berbahasa, seperti kesalahan pemakaian huruf, kesalahan penulisan kata, dan kesalahan pemakaian tanda baca,” ujar Firman.

Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar lanjut Firman, wajib bagi setiap instansi maupun lembaga. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Pepres) nomor 63 tahun 2019 tentang penggunaan bahasa Indonesia.

“Maka dari itu, dengan adanya kegiatan pelatihan ini, masyarakat dapat mengetahui bagaimana penggunaan bahasa yang baik dan benar,” tutup Firman.

Sementara itu, Bupati Kolut Nur Rahman Umar, melalui Asisten I, Drs. Ashar mengatakan, kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemahiran peserta terkait penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Ini sangat perlu kita ketahui agar tata bahasa maupun dalam penulisan surat yang bersifat formal dapat sempurna dari segi ejaan,” ujar Ashar, saat membuka kegiatan penyuluhan penggunaan bahasa.

Ashar berharap dengan adanya penyuluhan bahasa yang digelar oleh Kantor Bahasa Sultra, para peserta dapat memahami pentingnya penggunaan bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam lingkungan kerja.

“Mudah-mudahan ilmu ini bermanfaat bagi kita semua dan orang lain,” pinta dia.

Kontributor : Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here