Bupati Koltim Tony Herbiansyah saat meberikan bantuan pada masyarakat lambandia.Fot: Azril

Tirawuta, Koransultra.com – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah, “melaunching” (meluncurkan) Bantuan Pangan non tunai (BPNT) di Kecamatan Lambandia, Koltim, Sulawesi Tenggara, Rabu (16/10).

Acara yang berlangsung di Lapangan Olahraga Kecamatan Lambandia itu, di hadiri Kepala Divisi Regional Bulog Sultra, Ketua DPRD Koltim dan Ketua Tim Penggerak PKK Koltim.

Bupati Koltim dalam sambutannya menyampaikan, jika program BPNT tersebut merupakan transformasi bantuan beras miskin atau raskin, lalu diganti dengan beras sejahtera atau rastra.

“Ternyata setelah dievaluasi, baik raskin maupun rastra, masih banyak kekurangannya, utamanya masih banyak oknum tertentu yang memanfaatkan raskin dan rastra ini. Sehingga tidak sampai tepat sasaran. Contoh dulu raskin 10 kg, lalu kepala desa mengambil kebijakan sekian liter untuk ongkos angkut, tapi itu banyak masalah dan melanggar aturan, meskipun sebenarnya betul juga,” paparnya.

Dikatakannya, masalah lain dari raskin dan rastra yaitu ada masyarakat yang menerima, ada juga masyarakat yang sama sekali tidak menerima. Ini kata Tony, dikarenakan adanya kesalahan data.

“Kalau BPNT ini, lebih praktis dan manfaatnya tepat sasaran, karena diberikan dalam bentuk non tunai melalui bank, yang juga mengajarkan penerima untuk mandiri, supaya bapak ibu tidak ketergantungan dengan orang lain atau dimainkan,” jelasnya.

Lebih jelas Tony mengatakan, perhatian pemerintah pusat di bawah kendali Preisden Joko Widodo pada masyarakat sangat luar biasa, dan harus menajdi pembelajaran buat kita semua untuk tidak mudah terpengaruh hanya dengan informasi hoax.

“Jadi mulai Oktober ini sudah non tunai dengan lauching perdana di Lambandia ini, dan akan tersebar di seluruh kecamatan, dengan 12.370 penerima yang tersebar di 133 desa dan kelurahan keluarga penerima manfaat se-Kolaka Timur,” tutupnya.

Kontributor: Azril

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here