Penampilan Tari Kalambe Bosu Saat Karnaval

Baubau, Koransultra.com – Sedikitnya ada 30 peserta pawai dari Keluarga Mahasiswa Baubau-Yogyakarta (KMBY) ikut menyemarakkan acara Karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi yang ke – 7 di Yogyakarta.

Kegiatan yang digelar mulai dari tanggal 19-20 Oktober 2019 dibuka dan diresmikan langsung oleh Bupati Sleman Sri Purnomo, sebagai agenda tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Untuk rutenya, start dari Lapangan Tridadi menuju Lapangan Pemda Sleman.

Ketua KMBY Alim Fatha, kepada wartawan mengatakan, kehadiran kami diacara karnaval ini, berkat undangan langsung dari pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman guna mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut Alim, Kota Baubau merupakan daerah yang kaya akan kebudayaan, sangat tepat dengan hadirnya event seperti ini.

“Melalui kesempatan ini, kami sebagai mahasiswa asal Baubau yang sedang menuntut ilmu di daerah orang, sekaligus kami juga bisa perkenalkan budaya khas Baubau kepada masyarakat Sleman ataupun daerah lain,” beber Alim, yang masih berstatus Mahasiswa Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan ini.

Bahkan saat kegiatan karnaval berlangsung, setiap peserta berkesempatan melakukan “display” yaitu menampilkan potensi budaya dan seni daerah.

Dalam kesempatan itu, Mahasiswa asal Baubau yang tergabung dalam KMBY tampilkan pakaian dan aksesoris dengan sentuhan Buton.

Bukan itu saja, menariknya peserta wanita juga berkesempatan untuk tampilkan tari Kalambe Bosu. Bahkan seusai menari, tidak sedikit penonton bersorak tepuk tangan kepada kontingen KMBY.

Diketahui peserta karnaval kali ini mencapai 60 peserta, dimana lebih meningkat dari tahun 2018 lalu, yang mana pesertanya hanya ada 40 peserta. Karnaval ini terbilang ramai, sebab mulai dari paguyuban masyarakat, mahasiswa, kelompok seni dan para pelajar turut hadir dalam kegiatan tahunan ini

Kepala Dinas Pariwisata Sudarningsih, saat membuka acara menuturkan, kegiatan Pelangi Budaya Bumi Merapi merupakan ajang kreativitas yang menampilkan keberagaman seni, budaya dan pariwisata di seluruh Kabupaten Sleman.

Sejalan dengan Alim, Ketua MPO KMBY Alam Nashrul SE meng-apresiasi seluruh para pengurus KMBY, utamanya persiapan yang matang, akhirnya mampu tampilkan perform dengan baik di acara karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi.

Ikatan Mahasiswa Baubau saat tampil Nomor Urut 15 diacara Karnaval di Kabupaten Sleman, DIY Yogyakarta.

“Saya lihat mereka cukup serius ya karena dengan persiapan yang singkat dapat memaksimalkan penampilannya dengan baik, inilah sebenarnya bentuk pemberdayaan talenta yang ada di organisasi,” tuturnya Alam, yang juga berstatus Mahasiswa Magister Ekonomika Pembangunan UGM

Ia juga menghimbau, agar KMBY senantiasa menjaga hubungan baik dengan Pemerintah Daerah setempat, agar ke depan KMBY dapat terlibat dalam kegiatan serupa yang sekaligus ikut menampilkan khasanah khas budaya Buton.

Kontributor : Atul Wolio

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here