Kapolres Muna AKBP. Debby Asri Nugroho yang menemui massa jurnalis Muna Raya di halaman Polres Muna

Raha, Koransultra.com – Puluhan Jurnalis yang tergabung dari dua Kabupaten, Muna dan Muna Barat menggelar aksi demonstrasi dihalaman Polres Muna.

Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas atas intimidasi yang dialami sejumlah wartawan di Kota Kendari oleh oknum aparat kepolisian.

Tindakan intimidasi terhadap sembilan wartawan tersebut terjadi saat peliputan unjuk rasa mahasiswa UHO, di Mapolda Sultra, 22 Oktober 2019 lalu.

Hasan Jufri, wartawan Potretsultra.com, mengecam tindakan oknum aparat yang menghalang-halangi, mengintimidasi atau melakukan kekerasan terhadap para wartawan yang menjalankan tugas peliputan.

“Wartawan bukan musuh polisi, wartawan dan Polri adalah mitra. Sehingga tidak benar dan tolol, jika masih saja ada aksi koboi oknum aparat yang mengintimidasi bahkan meneror para jurnalis.

Datangnya dari Jurnalis koransultra.com, Bensar Sulawesi mengatakan, jurnalis dalam menjalankan tugas dilindungi oleh Undang-undang. Jadi, kepolisian sebagai pengayom seharusnya melindungi dan saling mem back up tugas-tugas-tugas jurnalis di lapangan.

Senada dengan Randy Yaddi, jurnalis suarakpk.com meminta Kapolda Sultra mengusut tuntas dan menindak tegas aksi koboi oknum anggotanya yang tidak menjaga kemitraan dengan insan pers dimanapun ia berada.

Kata dia, apabila Polda lamban menginvestigasi oknum anggotanya yang meneror, melakukan kekerasan juga mengintimidasi wartawan dalam peliputan, maka seluruh jurnalis di Sultra bakal mengadakan aksi susulan yang akan lebih besar.

Ros jurnalis Topnews88.com meminta pada Kapolres Muna agar menjadi penyambung apa yang menjadi aspirasi jurnalis Muna Raya ke Polda Sultra.

Kata salah satu penyanyi Muna Raya tersebut, jelas apa yang menjadi tuntutan Jurnalis Muna Raya dalam aksi solidaritas hari ini. Sehingga, Kapolda Sultra harus mengusut secara tuntas, cepat, obyektif dan transparan demi mengembalikan mosi kepercayaan publik terhadap instansi Kepolisian.

Kapolres Muna AKBP. Debby Asri Nugroho yang menemui massa jurnalis Muna Raya mengaku sangat mendukung gerakan solidaritas jurnalis Muna dan turut prihatin atas apa yang menimpa 9 jurnalis saat meliput aksi demo, di Mapolda Sultra, 22 Oktober 2019 lalu.

“Diberbagai media pa Kapolda juga sudah mengucapkan maaf dan telah melakukan investigasi atas kejadian tersebut,” ungkap Debby, Kamis (24/10/2019).

Kontributor: Bensar Sulawesi

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here