Bupati Wakatobi H.Arhawi, SE., M.M saat memberikan sambutan pada kegiatan Soft Launching Dapoer Maritim di Marina Togo Mowondu. Jum’at (25/10/2019) Foto: Surfianto

Wakatobi, Koransultra.com – Dalam meningkatkan dan menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat Pemerintah Kabupaten Wakatobi melaunching dapoer maritim di Marina Togo Mowondu, Jum’at (25/10/2019).

Bupati Wakatobi dalam sambutannya mengungkapkan, dewasa ini pemerintah kabupaten Wakatobi terus berupaya meningkatkan sektor pariwisata dengan memperbesar pengarusutamaan wisatawan yang masuk melalui kekuatan promosi baik melalui metode penyiapan prasarana wisata maupun dengan memperbanyak event pariwisata.

“Pemda telah berupaya melakukan berbagai upaya pembenahan dan pembinaan industri lokal melalui pengembangan varian dan variasi kuliner, cenderamata, dan penganekaragaman objek wisata dalam rangka mengakselerasi percepatan pembangunan sektor pariwisata sebagai salah satu kawasan prioritas serta tujuan wisata baik domestik maupun mancanegara,” ujar Bupati Wakatobi H. Arhawi, SE., M.M

Selain itu, secara substantif eksistensi dari dapur maritim ini merupakan salah satu wujud kongkrit dari upaya pengembangan UMKM bersinar dari pemda Wakatobi yang bertujuan untuk mendorong penciptaan dan lokus pengembangan kegiatan ekonomi baru serta melestarikan citra budaya daerah.

“Bahwa pembentukan model seperti dapoer maritim tersebut tentu tidak hanya sebatas pada respon positif terhadap eksistensi dari pengakuan kepariwisataan Wakatobi. Tetapi lebih dari itu, menjawab tuntutan dan tren dari kebutuhan wisatawan seperti ketersediaan lokasi dan standar bagi kuliner dan prodak ekonomi kreatif yang jelas dan pasti,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Nadar menuturkan, bukan hanya melaunching dapur maritim, kegiatan ini juga merupakan ajang untuk memperkenalkan karya kreatif hasil pendampingan intensif dinas pariwisata kabupaten Wakatobi.

“Kedepan, dapoer maritim sebagai bagian dari empat subsektor pariwisata yang ada di Wakatobi yang meliputi kuliner, seni kriya kayu dan anyaman, seni pertunjukan dan fashion. Ini diharapan bisa mendukung secara pararel pengembangan pariwisata Wakatobi,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Nadar.

Dalam kegiatan sorf launching dapoer maritim turut dihadiri Asisten satu Setda Provinsi Sultra, Syarifuddin Safaa, Ketua dan anggota DPRD, Forkopimda, Kepala OPD, intansi vertikal, ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua DWP Kab. Wakatobi, Meantu u dan tokoh masyarakat serta stakeholder kepariwisataan daerah, meliputi kelompok dan komunitas usaha pariwisata yang ada di Kabupaten Wakatobi.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here