Perkembangan Teknologi Pada Saat Ini

Nama : Insiyatul Iftitah
NIM : 201710370311106
Fakultas/Prodi : Teknik Informatika
Universitas Muhammadiyah Malang

Sejalan perputaran waktu, pemanfaatan teknologi telah di adopsi ke hampir semua sektor dalam kehidupan manusia. Pada kehidupan sosial, informasi merupakan salah satu obyek penting yang akan bersinggungan langsung dengan publik atau masyarakat luas. Beragam hal yang sifatnya baru, dinamis serta inovatif merupakan ciri utamanya. Lebih jauh lagi pemahaman tersebut sekaligus menerangkan betapa penting peran informasi sebagai jembatan dalam sebuah perusahaan. Berdasarkan fenomena ini, bisa dikatakan hampir semua bagian hidup kita tidak lepas dari teknologi, sehingga segala sesuatu terkait pengadaannya wajib untuk dilakukan.

Ledakan teknologi pada era saat ini juga telah membuka babak baru bagi masyarakat untuk memperoleh informasi secara otonom. Sekat-sekat informasi dengan sendirinya menghilang oleh inisiatif kuat individu yang ingin mengetahui lebih jauh apa yang terjadi sekitarnya. Setiap orang memiliki akses terhadap sumber informasi dimanapun dan kapanpun. Konsekuensinya, masyarakat menjadi kritis dan tanggap terhadap hal yang sedang berkembang.

Perkembangan dunia teknologi informasi yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Kegiatan komunikasi yang sebelumnya menuntut peralatan yang begitu rumit, kini relatif sudah digantikan oleh perangkat mesin otomatis.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan karena memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan manusia. Internet seharusnya digunakan untuk hal positif seperti mengakses informasi terbaru atau menambah wawasan ilmu pengetahuan, namun pada saat ini banyak manusia yang menyalahgunakan perkembangan internet untuk sesuatu yang cenderung negatif. Banyak hal marak yang terjadi saat ini, mulai dari penyebaran berita hoax, pembajakan akun, pengambilan data pribadi orang lain untuk dijual, adanya social media yang menampilkan foto atau video pendek yang bersifat negatif dan masih banyak lagi. Yang mana hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada generasi penerus bangsa saat ini. Maka dari itu patut sekiranya dari kita yang memulai untuk menggunakan teknologi dengan cara yang baik dan sesuai etika dalam menggunakan teknologi.

Teknologi informasi mempunyai cakupan yang luas. Secara umum teknologi informasi ialah suatu hal yang berkaitan dengan mekanisme menggunakan perangkat tertentu untuk mengolah termasuk juga modifikasi informasi. Dalam penerapan artikel terbaru seputar perkembangan IT menemukan berbagai fenomena baru yang akan selalu menarik untuk dicermati. Menjamurnya usaha warnet sebagai penyedia layanan internet serta beragam situs berita online yang kian hari kian bertambah jumlahnya merupakan dampak penyebaran IT yang tak terhindarkan.

Perkembangan Profesi Dalam Bidang Teknologi

Sekarang ini dunia teknologi sudah sangat berkembang dan banyak peminatnya, sehingga banyak orang yang bekerja di bidang ini. Penerapannya juga dapat terindentifikasi pada bidang lain yang sangat dibutuhkan guna efektifitas penyampaian informasi itu sendiri.

Berbicara mengenai perkembangan profesi di bidang teknologi informasi, semenjak awal penemuan teknologi komputer di era 1940-an, telah banyak berkembang profesi yang bergelut di bidang teknologi informasi, dan yang paling besar adalah dengan menggunakan teknologi komputer. Dimana pada setiap era yang ada, pasti memiliki tingkat kerumitan yang berbeda. Pada era sekarang pun hampir semua pekerjaan baik dikantor, sekolah atau dimanapun pasti menggunakan peralatan yang berbasis teknologi informasi.

Jika kita seorang profesi dalam bidang teknologi, ada baiknya kita untuk mengembangkan serta menekuni bidang kita tersebut agar dapat mengembangkan lebih baik lagi teknologi yang sudah ada pada saat ini. Seperti contohnya yang sedang berkembang ialah dalam hal Bidang Pendidikan untuk pengaplikasian IT dalam sektor pendidikan yang dapat di identifikasi dengan adanya E-Learning, yaitu semacam sistem pembelajaran online lewat internet. Dengan fasilitas ini memungkinkan bagi para pengajar dan siswa untuk tetap berinteraksi tanpa harus bertatap muka untuk aktifitas tertentu seperti mengirim tugas mandiri serta materi.

Kemajuan teknologi menjadi jawaban dari kemajuan globalisasi yang kian menyelimuti dunia. Suatu kemajuan yang tentunya akan memberikan dampak bagi peradaban hidup pelajar. Tidak dapat dipungkiri, kini kita telah menjadi “budak” dari peradaban teknologi informasi itu sendiri. Bagaimana tidak, banyaknya pelajar yang sekaligus berperan sebagai pengguna teknologi informasi dan komunikasi, membuktikan bahwa kehidupan yang mereka lakoni tak pernah lepas dari peran teknologi informasi.

Pentingnya Sertifikasi Profesi

Dengan perkembangan yang semakin pesat ini, mulai dari munculnya berbagai macam bidang pekerjaan sehingga banyak masyarakat yang menekuni itu semua sampai mereka mencapai puncak sebagai seorang profesi atau profesional dalam bidang ahlinya. Tidak hanya itu, mereka yang sudah berprofesi atau sudah ahli dalam bidangnya pun ingin diakui oleh kalangan masyarakat luas baik dalam nasional maupun internasional. Sehingga mereka pun harus mengikuti sertifikasi untuk mengetahui standar kemampuan mereka dalam ahli bidangnya.

Sertifikasi profesi bertujuan untuk memastikan kompetensi seseorang yang telah didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan maupun pengalaman kerja. Sertifikasi biasanya diberikan oleh organisasi atau asosiasi profesi yang mengetahui dengan pasti suatu kompetensi dalam bidang tertentu. Keredibilitas suatu sertifikasi sangat ditentukan oleh organisasi atau lembaga pemberi sertifikasinya.

Di Indonesia ada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang mengawasi konsistensi dan kredibilitas Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memberikan sertifikat atas suatu profesi atau kompetensi tertentu. BNSP akan memberikan lisensi kepada LSP yang dianggap kredibel untuk memberikan sertifikasi kepada yang berhak. Karena dengan memiliki sertifikasi profesi dari BNSP anda mempunyai sebuah bukti yang kuat bahwa anda memang berkompeten dalam profesi yang digeluti. Selain itu juga sertifikasi memastikan bahwa anda mempunyai kemampuan yang mumpuni sebagai seorang profesional.

Manfaat memiliki sertifikasi antara lain untuk memberikan nilai tambah bagi anda dihadapan perusahaan atau klien, sertifikasi menunjukkan bahwa kompetensi anda telah dievaluasi dan disetujui oleh pihak ketiga, untuk mengetahui ukuran kemampuan yang dimiliki, meningkatkan akses untuk mengembangkan diri, menambah prokdutivitas kerja dan memudahkan perusahaan untuk menyaring bibit unggul yang berkualitas. Dengan catatan, kredibilitas sertifikasi yang anda sandang sangat tergantung pada kredibilitas lembaga yang mengeluarkannya. Dalam beberapa bidang profesi, sertifikasi sering kali dijadikan persyaratan untuk suatu pekerjaan. Sebagai contoh, sertifikasi dalam bidang IT, akuntan publik, pilot, ahli K3 dan sebagainya.

Contoh sertifikasi bidang IT untuk bahasa pemrograman :

Dalam menyikapi perkembangan teknologi itu sendiri, semuanya tergantung dari pribadi kita masing-masing. Karena teknologi informasi dan komunikasi itu memiliki warna dasar putih. Tergantung dari penggunanya. Apakah kita ingin membelokkannya ke kira dengan mengubah warna putih menjadi kehitamanyang melambangkan sisi negatif teknologi tersebut, atau kita ingin membelokkannya ke kanan dengan mengubah warna putih menjadi keemasan yang melambangkan sisi positif dari manfaat teknologi informasi dan komunikasi itu sendiri.

Sekian artikel pembahasan tentang perkembangan profesi & sertifikasi dalam bidang IT yang dapat kami sajikan untuk para pembaca sekalian. Semoga dapat memberikan manfaat untuk para pembaca sekalian.

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here