Foto: Kepala BPS Muna/Muna Barat, Kadir Pua

Laworo, Koransultra.com – Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan Sensus Penduduk ketujuh di tahun 2020 mendatang. Untuk di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan di mulai pendataan sensus penduduk ini pada bulan Februari – Maret dan Juli 2020 nanti.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Muna/Muna Barat, Kadir Pua mengatakan pada sensus penduduk 2020 terdapat perbedaan mendasar dari sensus tahun-tahun sebelumnya. Senin (28/10/2019)

“Jadi pada sensus penduduk 2020 mendatang, BPS akan menggunakan data dasar dari Disdukcapil, yakni data tersebut akan kita peroleh dari Ditjen Adminduk Kemendagri”, ungkapnya.

Lanjut Kadir Pua, yang terpenting lagi pada sensus penduduk 2020 mendatang adalah menggunakan metode sensus mandiri, yakni menggunakan android untuk mengupdate data kependudukan dan kondisi perumahannya masing-masing.

“Kiranya penduduk nanti, tidak terkuali yang ada di Mubar agar bisa berpartisipasi untuk melakukan sensus mandiri, yakni bagi penduduk yang sudah menggunakan android nantinya akan dikirim SMS oleh provider, dan kami berharap bisa membalas SMS tersebut bahwa bersedia melakukan sensus mandiri”, jelas Kadir Pua.

Untuk Mubar, Kadir Pua menargetkan pihaknya bisa memperoleh 8 persen dari metode sensus mandiri ini.

“Dari 22.000 KK yang ada di Mubar, kami menaergetkan sebesar 1.750 KK atau sekitar 8% bisa terkafer melalui sensus mandiri ini”, ungkapnya”.

Kadir Pua menambahkan, Setelah itu pihaknya akan melakukan sensus penduduk manual yakni kunjungan dari rumah ke rumah warga pada bulan Juli 2020 mendatang.

“Harapan kami para penduduk bisa menerima menerima kedatangan dari petugas kami untuk memberikan jawaban yang benar, sehingga data kependudukan kita bisa benar dan dapat dijadikan sebagai bahan perencaan pembangunan yang akan datang”, tutup Kadir Pua.

Kontributor: Dedi Setiawan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here