Kepala DP2RD Konawe, Cici Restianti

Unaaha Koransultra.com, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) bekerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kabupaten Konawe, bakal memasang alat tapping box di setiap rumah makan dan hotel demi memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Ini merupakan rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), guna mencegah kebocoran pembayaran pajak rumah makan dan hotel yang mana alat tersebut berfungsi mencatat dan menangkap setiap transaksi yang nantinya akan tercetak lewat printer point of sales,” ungkap Kepala BP2RD Kabupaten Konawe, Cici Restianti, Kamis (31/10/2019).

Untuk permulaan, tapping box tersebut akan dipasang di dua puluh lima rumah makan dan hotel yang dinilai potensial di Konawe.

Cici mengklaim, dengan rencana pemasangan tapping box, 10% PAD dari kedua sektor itu akan meningkat, karena transaksi dari penyedia jasa kepada konsumen akan dipantau secara digital.

Adapun target pajak PAD untuk hotel di Konawe sebesar 40 juta dan pajak untuk rumah makan sebesar 350 juta pertahun. Target tersebut akan dinaikkan dengan adanya tapping box.

“Pemasangan alat tersebut nantinya akan kami lakukan pada tanggal 23 November 2019,” katanya.

Kontributor: Nasruddin
Editor: Rawal

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here