Bupati Wakatobi, Arhawi saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan. Foto: Surfianto/Koransultra.com

Wakatobi, Koransultra.com – Bupati Wakatobi, Arhawi, menjadi inspektur upacara dalam memperingati hari pahlawan. Upacara diikuti pegawai Pemda Wakatobi, TNI dan Polri.

Upacara peringatan hari pahlawan digelar di halaman upacara kantor Bupati Wakatobi, Minggu (10/11/2019). Dalam upacara, Arhawi menyampaikan amanah Menteri Sosial RI, yang bertajuk “Aku Pahlawan Masa Kini”. Ia mengatakan, peringatan hari pahlawan, dimaknai dengan sejarah peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dalam merubut kemerdekaan Indonesia.

“Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia,” ceritanya.

Ia mengingatkan bahwa kemerdekaan yang dirasa saat ini tidaklah datang begitu, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Kendatinya, ia menginginkan semangat yang telah ditunjukkan para pejuang kemerdekaan hendaknya tumbuh dikembangkan di masing-masing hati sanubari setiap insan, tak terkecuali di bumi maritim, Wakatobi.

“Peringatan hari pahlawan diharapkan akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, yang telah memerdekakan bangsa ini dari penjajahan,” ungkapnya.

Lanjut dia, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjadi Pahlawan masa kini seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang menganggu ketertiban umum, tidak menyebar berita hoax, dan tidak melakukannperbuatan anarkis sehingga merugikan orang lain.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjuukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang untuk menjadi pahlawan, bisa kita lakukan dengan cara menorehkan prestasi diberbagai kehidupan, memberi kemasalahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata internasional,” tuturnya.

Kembali ia mengharapkan, hari pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Mari kita terus menerus berupaya memupuk nilai keaphlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat,” tukasnya.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here