Suasana upacara peringatan hari pahlawan di Lapangan sepak bola Desa Sukadamai, Mubar

Laworo, Koransultra.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar upacara peringatan hari Pahlawan di lapangan sepak bola Desa Sukadamai, Kecamatan Tiworo Tengah, Minggu (10/10/2019).

Bertindak sebagai inspektur upacara yakni, Wakil Bupati (Wabup) Mubar Achmad Lamani, serta dihadiri oleh Sekretaris Daerah Mubar LM. Husein Tali, Jajaran Forkopimda, Pimpinan DPRD Mubar, Para Tokoh Adat, Komisioner KPU, Kepala OPD, staf ahli pemda Mubar, serta peserta upacara dari kalangan ASN dan siswa SD, SMP dan SMP lingkup Mubar.

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut, Wabup Mubar dalam pidatonya menyampaikan bahwa hari pahlawan adalah mengingatkan kembali oleh peristiwa sejarah pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai moment paling bersejarah untuk merebut kembali kemerdekaan Indonesia.

Dimana pada pertempuran itu rakyat Indonesia bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

“Peristiwa bersejarah pada saat itu mengingatkan kita bahwa kemerdekaan kita saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan yang luar biasa dari para pendahulu Negeri ini. Semangat dari para pahlawan dan pejuang hendaknya terus ditumbuh kembangkan dalam hati sanubari insan warga negara Indonesia,” ungkap Achmad Lamani.

Orang nomor dua di Mubar ini menambahkan, dengan peringatan hari pahlawan kita dituntut untuk lebih menghargai jasa para pahlawan. Selain itu, masih kata dia, peringatan hari pahlawan juga harus membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini.

“Founding father kita Bung Karno mengatakan bahwa, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Ini penting bagi anak-anak kita sekarang. Kemudian sesuai tema hari pahlawan tahun ini adalah aku adalah pahlawan masa kini, artinya menjadi pahlawan dapat dilakukan oleh siapapun dalam bentuk aksi nyata demi memperkuat keutuhan NKRI,” tuturnya.

Wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan hari pahlawan

Achmad Lamani juga berharap peringatan hari pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih mencintai dan menjaga tanah air sampai akhir hayat.

“Peringatan hari pahlawan jangan dijadikan sebagai seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan,” pesannya.

Kontributor : Dedi

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here