Terkait Demo Mahasiswa USN, Ini Penjelasan Asisten I Kolaka

Kolaka, Koransultra.com – Aksi unjuk rasa Puluhan mahasiswa Universitas Negeri Sembilan Belas November (USN) Kolaka di depan Kantor Bupati Kolaka, terkait dengan kondisi jalan di Desa Popalia Kecamatan Tanggetada, selasa (19/11/19), langsung ditanggapi oleh Pemda melalui Asisten 1, Bakri didampingi Kadis Pekerjaan Umum Kolaka, Abbas.

Bakri menjelaskan jika rektor USN Kolaka dapat menemui dirinya, maka permasalahan jalan menuju kampus USN akan selesai.

“Jika rektor datang bertemu dengan saya, maka selesai itu barang, kenapa mesti ada demo seperti ini lagi. seharusnya anak-anaku mahasiswa tugasnya belajar, bukan mengurusi ini, ini urusan pemerintah, nanti akan dijelaskan secara teknis oleh Kadi PU Kolaka,” Katanya.

Sementara itu Kadi PU, Abbas menjelaskan secara teknis jika Pemda kolaka memiliki kebijakan program pengaspalan jalan tiap tahun sepanjang 2 KM per Kecamatan, yang diakomodir 2 Kecamatan pertahun.

Terkait Demo Mahasiswa USN, Ini Penjelasan Asisten I Kolaka

“Pemda hanya meprogram pengaspalan 2 KM Per Kecamatan, dan tidak bisa semua disebabkan faktor keterbatasan anggaran pertahunnya. 2016 lalu Pemda sudah mengaspal jalan di Anawoi sampai Kantor Camat Tanggetada, dan tahun 2017 di jalan menuju Desa Petudua, sementara di tahun 2018 di programkan lagi di Desa Popalia dari Kantor Camat sekitar 1 KM,” jelas Abbas.

Ia menjelaskan jika pengaspalan jalan di Kecamatan Tanggetada sudah dilakukan sebanyak dua kali, untuk itu di tahun 2019, jalan yang diaspal yakni di Desa Palewai hinggah ke kampung bajo. Dalam pembahasan anggara, beberapa jalan yang ada di desa, itu di usulkan melalui Anggaran Dana Khusus (DAK), namun Popalia tidak terkaper.

“Kemarin kami mengusulkan beberapa jalan yang ada di Desa, termasuk di Popalia melalui anggaran DAK, namun kita di beri anggaran 12 millyar, dan salah satu yang tidak terkaper adalah pengaspalan jalan di Desa Popalia, untuk ditahun 2020 kita usulkan di APBD Perubahan dan semoga saja dapat di acc oleh DPRD,” tutur Abbas.

Sebelumnya demo mahasiswa USN meminta agar Pemda Kolaka memberikan kejelasan dan kepastian terkait pengaspalan jalan Anaiwoi menuju Popalia di Kecamatan Tanggetada.

“Kami minta kepastian Pemda Kolaka terkait pengaspalan jalan yang dari Anaiwoi menuju Desa Popalia, pasalnya kami melakukan aktivitas perkuliahan tiap hari di kampus USN kolaka di Tanggetada. Kami juga meminta agar sekiranya Pemda Kolaka dapat mendesak PT. DJL untuk membuat jalan produksi sendiri, sebab jalan itu bukan jalan produksi yang setiap hari dilalui oleh PT. DJL,” teriak Ketua BEM USN Rahmat dalam orasinya.

Kontributor: Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here