Foto bersama Sekda, Perwakilan Kepala Kantor ATR/BPN Wilayah Provinsi Sultra, Kepala Kantor BPN Kota Baubau, Perwakilan Warga Masyarakat dari 10 Kelurahan.

Baubau, Koransultra.com – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Baubau berhasil terbitkan 1000 Bidang Sertifikat Tanah sesuai Prosedur Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019 sebagai Program Nasional (Prona) Kemeterian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia.

Penyerahan 1000 Sertipikat Tanah Rakyat ini, Pemerintah Kota Baubau, melalui Wali Kota Dr H As Tamrin MH yang diwakili Sekretaris Derah (Sekda) Dr Roni Muhtar MPd, secara simbolis serahkan langsung kepada warga mewakili 10 Kelurahan, di Lapangan Upacara Palagimata Kantor Wali Kota. Kamis (12/12/2019)

Sambutan awal, Kepala Kantor BPN Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Prov Sultra) diwakili Kepala Bidang (Kabid) Penataan Pertanahan Abdul Muin APtnh, mengatakan, penyerahan sertipikat ini adalah salah satu PTSL tahun 2019 dan menjadi salah satu Program Nasional Kementerian.

Kata Muin, PTSL ini juga sudah sesuai Permen ATR/BPN RI No 6/2018, tujuan nya memberi kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat, berlandaskan asas kesederhanaan, cepat, lancar, aman, adil, dan terbuka secara accountable.

Lebih lanjut, Muin juga menambahkan, Dasar pelaksanaan kegiatan penyerahan sertipikat tanah ini di dasarkan Keputusan Kepala Kantor ATR/BPN Sultra TA 2019 tentang pentingnya pensertifikatan tanah untuk rakyat.

Informasi yang dihimpun media, Kantor ATR/BPN Provinsi Sultra, untuk PTSL tahun 2019 targetkan 7500 Pemetaan Bidang Tanah dan 6000 bidang sertifikat atas tanah.

“Untuk Kota Baubau alhamdulillah sukses dicapai,” Ucapnya.

Proses penyerahan 1000 sertipikat secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd

Dikesempatan yang sama, saat sambutan Sekda pun menuturkan, tak mengurangi rasa hormat, dirinya ucapkan terimakasih ke perwakilan Kapala Wilayah BPN Sultra berserta rombongan, BPN Kota Baubau bersama Tim. Atensi dan kerjasama yang solid, warga masyarakat Baubau bisa merasakan manfaat dan nilai positif dari Sertipikat.

“Kalau 1000 seritifikat berarti 1000 masyarakat, ini sangat saya apresiasi, berkat kerja keras dan kerjasama nya sehingga program ini dapat berjalan lancar,” Ucap Sekda mewakili Wali Kota.

Sekda juga menjelaskan, tanah itu merupakan salah satu aset, sehingga kegiatan PTSL ini kurangi polemik tanah, masyarakat pun punya jaminan dan kepastian hak.

“Semua tidak mudah dijalankan, tapi kantor Pertanahan sudah maksimal melaksanakan kerjanya,” Imbuh Sekda.

Selain itu, Sekda berpesan, Sertifikat yang sudah memiliki nilai guna baik itu untuk membuka usaha, begitu pun harapan nya kedepan agar mempergunakan sertipikat ini dengan bijak.

Di acara ini, pun dihadiri langsung oleh Perwakilan Kejaksaan Baubau, perwakilan Pengadilan Baubau, perwakilan Dandim1413 Buton, Ketua DPRD Kota Baubau diwakili Wakil Ketua I, Forkompimda lingkup Kota Baubau, Camat dan Lurah se Kota Baubau

Adapun jumlah 1000 bidang yang berhasil di sertipikat kan, tersebar di 10 Kelurahan, antara lain
Kelurahan Lipu 10 bidang, Kelurahan Waruruma 75 bidang, Kelurahan Kadolokatapi 400 bidang, Kelurahan Sukanayo 100 bidang, Kelurahan Gonda Baru 150 bidang, Kelurahan Tampuna 100 bidang dan Kelurahan Palabusa 50 bidang.

Kontributor: Muhlis

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here