Bupati Kolut Nur Rahman Umar saat membagikan sertifikat tanah kepada warga, di Alun-alun kota Lasusua, Jumat (13/12/2019). Foto Fyan

Lasusua, Koransultra.com – Bupati Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Rahman Umar menyerahkan sebanyak 1000 sertifikat tanah kepada warga, di Alun-alun kota Lasusua, Jumat (13/12/2019).

Nur Rahman Umar dalam sambutannya mengapresiasi kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam percepatan penuntasan pensertifikatan lahan masyarakat.

“Tahun ini sebanyak 11.750 bidang tanah telah direalisasikan sepanjang 2019 dan diserahkan langsung kepada masyarakat,” ujar Nur Rahman Umar.

Menurut Nur Rahman Umar, ada beberapa manfaat memiliki sertifikat tanah salah satunya mencegah klaim kepemilikan tanah. Selain berdampak pada peningkatan nilai jual, namun juga kemudahan akses kredit disetiap layanan perbankan sebagai jaminan sertifkat yang resmi.

“Kepastian hukumnya juga jelas. Karena batas-batasnya jelas tertera,” kata Nur Rahman Umar.

Untuk itu, orang nomor satu di Kolut itu berharap kepada masyarakat yang telah menerima sertifikat agar menjaga serta dipergunakan untuk kepentingan yang berdampak pada peningkatan ekonomi.

“Jangan lagi ada warga atau pemerintah desa yang kurang merespon baik kegiatan tersebut, karena PTSL ini gratis tanpa dipungut biaya,” pinta Nur Rahman Umar.

Sementara, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kolut, Suangto mengatakan PTSL ini merupakan kegiatan pengukuran serta pendaftaran kepemilikan tanah yang serentak dilakukan diseluruh Indonesia. Sementara, untuk proses target penyelesaian tanah tercepat, Kabupaten Kolut masuk peringkat ke 3.

“Alhamdulillah, keberhasilan ini berkat kerja sama serta sinergifitas antara BPN dengan Pemda dalam mendukung program PTSL ini,” kata Suangto.

Suangto menjelaskan, untuk program PTSL mengalami kenaikan sekitar 400 persen. Dimana pada tahun 2019, Kabupaten Kolut mendapat 11.750 sertifikat. Sementara ditahun 2018, hanya mendapat 300 sertifikat.

“Untuk PTSL sebanyak 7.250 dan redistribusi 4.500,” kata Suangto.

Ditahun 2020 mendatang lanjut Suangto, BPN Kolut akan melakukan pendataan PTSL sebanyak 17.600 sertifikat dan redistribusi sebanyak 15.000 sertifikat.

“Jadi total berjumlah 32.600 sertifikat,” jelas Suangto.

Sekedar diketahui, penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolis oleh Bupati Kolut, Kabid Infastruktur Kakanwil BPN Sultra, I Made Sumadra, Kepala Kejaksaa Negeri Lasusua, Wakapolres serta Ketua DPRD Kolut.

Sertifikat tersebut diserahkan pada warga dari dari 3 kecamatan yakni Kecamatan Lasusua, Kecamatan Ngapa dan Kecamatan Watunohu dengan jumlah 1000 setifikat.

Kontributor: Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here