Penyerahan berkas administrasi kependudukan warga transmigrasi asal Jawa Timur disambut oleh Pj Sekda Muna Drs Ali Basa MSi, Kadis Nakertrans Muna Fajaruddin Wunanto dan dihadiri Ahmad Zaifoer Kabid Transmigrasi dari Pemprov Jawa Timur serta masing masing pendamping dari 9 kabupaten di Jatim 9 kabupaten

Raha, Koransultra.com – sebanyak 29 Kepala Keluarga (KK) berjumlah 79 jiwa, transmigrasi asal Jawa Timur, ahirnya resmi menjadi warga Kabupaten Muna bagian Timur, di Desa Raimuna Kecamatan Maligano Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara, Selasa 27 Desember 2019.

Warga transmigrasi tersebut langsung disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna.

Pj Sekda Muna Drs Ali Basa MSi mengatakan warga Kabupaten Muna adalah warga yang terbuka mampu beradaptasi terhadap masyarakat manapun.

Menyebut, Kawasan transmigrasi Mutiara, desa Raimuna tersebut, grand desain kawasan pecontohan di Indonesia bahkan masuk dalam
Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional ( RPJMN).

“Terimakasih terhadap pemerintah pusat, kedatangnya warga transmigrasi ke Muna. Khususnya Dinas Nakertrans Muna siap memproses administrasi kependudukan warga transmigrasi sampai tuntas,” cetus.

Transmigrasi dari Jawa Timur tentu berbagai kabupaten, Blitar sebanyak 12 jiwa, Lumajang 8 jiwa, Pasuruan 18 jiwa, Pamekasan 10 jiwa, Lamongan 7 jiwa, Banyuwangi 21 jiwa.

Ahmad Zaifur Kabid Transmigrasi Disnakertrans Provinsi Jatim mengatakan diakhir tahun 2019 ada penambahan warga transmigrasi dari Jatim sebanyak 29 Kepala Keluarga dengan total 79 jiwa.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pemkab Muna yang telah menyambut kami dengan baik.
Warga transmigrasi tercatat 35 KK menjadi 29 KK, tersisa 6 KK disebabkan ada yang sakit dan pengurusan perpindahan anak mereka di sekolah,” katanya.

Fajarudin Wunanto Kepala Dinas Nakertrans Muna, berharap warga transmigrasi untuk betah tinggal di Muna.

“Jangan lagi ingat di Jawa ya, disini semua fasilitas sudah kami siapkan. Manfaatkan fasilitas yang telah diberikan pemerintah,” akuhnya.

Menyebut, transmigrasi masuk ke Muna sejak tahun 80an dan semuanya pada sukses.

“Kalau ada kendala dilapangan, langsung lapor ke UPT transmigrasi di Raimuna,” tutupnya.

Kontributor: Bensar Sulawesi

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here