Sembilan Desa di Kabupaten Konawe ajukan sengketa Pilkades

Unaaha, Koransultra.com – Pasca pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Konawe pada tanggal 12 Desember 2019 sebanyak sembilan desa telah mengajukan sengketa Pilkades ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Konawe.

Dari informasi yang dihimpun sembilan desa tersebut diantaranya desa Ulumeraka kecamatan Onembute,desa lerehoma kecamatan Anggaberi, desa Langgomea, desa Ameroro kecamatan Uepai, desa Lalowulo kecamatan Besulutu, desa Labotoi kecamatan Kapoiala, desa Puumbinisi kecamatan Pondidaha serta desa Ambopi dan Barowila kecamatan Tongauna utara.

Guna penyelesaian sengketa Pilkades tersebut Pemerintah Kabupaten
Konawe melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) kabupaten Konawe tengah melakukan klasifikasi materi gugatan yang telah masuk.

Hal tersebut diungkapkan, Keni yuga permana, Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Konawe saat ditemui usai menerima massa aksi unjuk rasa, senin 23/12.

“Untuk sekarang adalah proses penerimaan daftar gugatan Pilkades nanti kita klasifikasi materi gugatan tersebut dan selanjutnya kita akan adakan rapat.” Katanya.

Disampaikan, dari sembilan desa yang melakukan gugatan tersebut rata-rata materi gugatannya adalah terkait pada pasal 55 huruf H Perbup nomor 49 tentang Pemilihan Kepala Desa serta berkas calon yang tidak memenuhi syarat.

“Jadi kita akan teliti dulu apabila memenuhi syarat,gugatan tersebut akan kita tindak lanjuti,” pungkasnya.

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here