Bupati Muna LM Rusaman Emba ST

Raha, Koransultra.com – Bupati Muna LM Rusman Emba, terus mengencot pembangunan dari segala aspek untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat meski dalam kondisi anggaran sangat minim.

Dalam agenda ekspose pembangunan yang dilaksanakan di SOR La Ode Pandu, Sabtu 28 Desember 2019 dihadiri seluruh OPD, Camat maupun Kepala desa dan Lurah.

Rusman Emba memaparkan sejumlah pembangunan diantaranya, berhasil membangun 14 pasar, kemudian menuntaskan pembangunan RSUD Muna serta melunasi pinjaman RSUD sebesar Rp126 miliar.

Rusman mengatakan, tiga tahun kepemimpinannya telah menuntaskan beberapa program kerja mulia peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan, Penggunaan pasar modern Laino, penyempurnaan pembangunan rumah sakit, kebutuhan air bersih di beberapa kecamatan, peningkatan produksi jagung melalui Dinas Pertanian maupun pengembangan objek wisata dengan tagline Mai Te Wuna.

“Pengaspalan jalan dengan lebar 7-12 Meter di Palangga penuh dengan rintangan hingga harus menganti rugi lahan maupun harus ganti rugi pohon pisang,”Ungkapnya.

Lanjutnya, Di beberapa jalan yang tersebar di kecamatan telah diaspal, hal ini dilakukan untuk kelancaran transportasi dan menjawab kelurahan masyarakat.

“Yang penuh perjuangan itu pembangunan jalan di Warangga, yang harus melengkapi dokumen-dokumennya dan alhamdulillah berkas kerja ikhlas tahun ini dituntaskan,”Katanya.

Selain itu, Mantan Senator DPD RI menjelaskan atas komunikasi yang dibangun di pusat sehingga pembangunan tempat pembuangan sampah akhir yang telah direncanakan bertahun-tahun akhir di tahun ini telah dikerjakan.

“Alhamdulillah di masa kepemimpinan saya bersama Malik Ditu terelisasi semua walaupun dengan keterbatasan APBD,”Ucapnya.

Sementara itu, Untuk percepatan pertumbuhan ekonomi telah membangun 14 pasar dengan desain pasar modern yang tersebar di beberapa kecamatan.

“Kalau pasar Laino dalam waktu dekat para pedagang akan segara masuk, hanya saja sekarang masih melakukan verifikasi dan validasi data pedagang,”Jelasnya.

Sedangkan di bidang kesehatan tahun ini mendapat bantuan DAK untuk pembangunan rumah sakit di wilayah Muna Timur maupun pembangun Pustu di Kecamatan Maligano.

“Mengenai rumah sakit yang dibangun di pemimpinannya sebelumnya dengan anggaran 91 Milyar melalui pinjaman, itu tahun ini diselesaikan utangnya senilai 126 Milyar dan bangun rumah sakit untuk disempurnakan pembangunannya di anggarkan melalui APBD senilai 50 Milyar,”Lanjutnya.

Rusman Emba menambahkan terkait pembangunan sarana air bersin di Watopute, Napabalano, maupun Lohia akan dituntaskan semua.

“Sarana air bersih di Kecamatan Watopute agar segera dibangun, begitupun di Kontunaga senilai 27 M bulan 1 sudah mulai dikerja, sementara di kecamatan Napabalano senilai 10 M tinggal di alirkan do rumah warga,”Tambahnya.

Ia menyebutkan di tahun depan akan ada 5 kegiatan monumental yang dianggarkan melalui APBN yakni jembatan yang menghubungkan konsel towea dan Napabalano, pembangunan trans Muna dengan pertimbangan keindahan berada di pisisir pantai, Pelabuhan kontainer di Desa Labunti, Perencanaan pembangunan ekonomi rakyat maupun pembangunan home industri.

“Apa yang menjadi kesejahteraan masyarakat Muna akan saya perjuangkan, apapun alasannya,”cetusnya.

Selain itu, lima program pembangunan yang telah masuk pada Rencana Pembangunan Jangan Menengah Nasional (RPJMN).

“Pembangunan jembatan penghubung Muna-Buton, Konawe Selatan (Konsel)-Towea-Tampo, jalan trans Muna, pembangunan pelabuhan kontainer di Desa Labunti, pengembangan ekonomi rakyat dan pembangunan industri di kawasan Muna Timur,” beber matan senator ini.

Kontributor: Bensar Sulawesi

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here