Peresmian dua bangunan UPTD Puskesmas oleh Bupati Wakatobi H.Arhawi, didampingi Sekda H. La Jumadin dan Kadis Kesehatan Muliadin. Foto: Surfianto/Koransultra.com

Wakatobi, Koransultra.com – Bupati Wakatobi H. Arhawi meresmikan dua bangunan baru yang selesai di rehab berat yakni Puskesmas Wangi-Wangi dan Wangi-Wangi Selatan dipastikan akan kembali difungsikan.Kamis (02/01/2020).

Peresmian dua bangunan pelayanan utama kesehatan itu direhab berat ditahun 2019. Anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan ke dua bangunan tersebut masing-masing Rp 3 miliar.

Bupati Wakatobi Arhawi mengatakan, bangunan puskesmas yang hadir ditengah masyarakat adalah bagian dari cita-cita besar pemerintah daerah dalam menghadirkan sarana kesehatan kepada masyarakat.

“Kalau kita tidak cita-citakan, tidak akan mungkin terbangun bangunan UPTD Puskesmas dua lantai ini,” ucapnya.

Arhawi juga mengatakan, pemerintah daerah juga menaruh harapan besar terhadap peningkatan sarana pendukung kesehatan disetiap pulau. Kendati diharapkan dengan dukungan sumber pembiayaan pemerintah pusat, maka pemda akan secara bertahap melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan sarana pelayanan kesehatan.

“Kedepan tenaga penunjang termasuk didalamnya dokter akan dipikirkan, sehingga memberikan pelayanan kepada masyarakat,”ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi Muliadin menuturkan, ditahun 2019, pemda Wakatobi menerima kucuran DAK dari pemerintah pusat sebesar Rp 20 miliar. Dana itu diperuntukkan pada tujuh puskesmas di Wakatobi.

Tujuh Puskesmas tersebut, sambungnya, yakni UPTD Puskesmas Wangi-Wangi, dan UPTD Puskesmas Wangi-Wangi Selatan. UPTD Puskemas Sandi, Kaledupa Selatan. Puskemas Buranga, Keladupa. UPTD Puskemas Usuku, Tomia Timur. UPTD Puskesmas Binongko dan Puskesmas Taipabu.

“Proses pembangunan Puskesmas ini butuh waktu panjang, tentu hal ini tidak terlepas dari komitmen yang tinggi Bapak Bupati kita,” ucapnya.

Lanjutnya, tak hanya bangunan fisik, pada unit pelayanan kesehatan itu juga akan dilengkapi sarana Alat kesehatan (Alkes). Hal itu guna menunjang kelengkapan sarana fasilitas Puskesmas.

Bupati Wakatobi, Arhawi Foto: Surfianto/Koransultra.com

“Kita harapkan UPTD Puskesmas kita saat ini dari akreditasi bintang satu, seiring dengan peningkatan sarananya, bisa naik menjadi bintang dua atau madya atau juga yang utama, lebih dari itu paripurna,” tukasnya.

Perlu diketahui, peresmian dua UPTD Puskesmas itu dilakukan secara terpisah. Diawali pada UPTD Puskesmas Wangi-wangi pada pukul 09.30 WITA. Dilanjutkan, pada pukul 13.00 WITA UPTD Puskesmas Wangi-wangi Selatan.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here