Wakil Rektor Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau Asman, SE.,M.Si

Baubau, Koransultra.com – Hadirnya statmen ‘akan ada gejolak eksternal’ yang dituturkan langsung oleh Rektor Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Ir. H. LM. Sjamsul Qamar MT di Media Koransultra.com, diruangannya pada saptu lalu (04/02/2020).

Hal itu langsung ditanggapi Wakil Rektor (Warek) III Asman SE MSi. Kepada media ini, ia mengatakan, kalau dirinya sudah mewanti-wanti dan mengantisipasi indikasi timbulnya keributan pada proses Pemilihan Presiden Mahasiswa (Pilpresma) Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) periode 2020-2021.

“Saya kan sudah wanti-wanti, jadi saya tetap berusaha mengantisipasi,” Ungkapnya saat wawancara diruangannya, Senin (06/02/2021).

Terkait politik praktis, Kata Warek III, kalau hal itu wajar, tapi kita harapkan mari kita bersaing secara sehat.

“Silahkan kita sosialisasi dimana-mana, tapi jangan merusak, itu saja,” Tegas Asman.

Hingga Warek III pun menghimbau, Penyelenggaraan Pilpresma ini, betul-betul harus netral, segala Tata Tertib (Tatib) yang sudah disepakati jangan dilanggar. Pasalnya, jangan sampai perintah (tugas,red) yang diberikan menjadi sumber kendala.

“Tatip-tatip yang sudah disepakati jangan dilanggar, dan siapapun yang akan jadi Presma, itu yang harus kita Amin kan,” Tegasnya.

Bahkan muncul didalam benak Warek III, bahwasanya bisa saja ada kekuatan luar, tapi notabene orang-orang nya adalah mahasiswa Unidayan yang aktif pada organisasi eksternal . Seketika ada keraguan di diri Warek III, selain mandat yang diberikan oleh Rektor dalam mengawal Pilpresma, juga lebih mewanti-wanti jangan sampai terulang pengalaman sekitar 5 tahun lalu.

“Untuk itu, saya sampaikan semua, UKM termasuk BEM-BEM Fakultas, mari kita bersama-sama kawal, supaya kita bisa sukseskan, kita harus bertanggung jawab semua,” Paparnya.

Kemudian, ia juga menambahkan, “Nanti dimasing-masing BEM Fakultas, UKM, Mapatek dan Mapala agar memasang spanduk, bertuliskan siap mensukseskan jalannya Pilpresma,” Katanya.

Selain itu, Warek III juga hadirkan strategi lain, seperti menggelar sosialisasi, yang ditujukan kepada mahasiswa, Ketua BEM, Dosen, dan Dekan. Karena menurutnya, ini pun akan menekan situasi yang tidak diinginkan saat jalannya Pilpresma, utamanya saat perhitungan suara nanti.

“Sosialisasi ini kita strategi kan, bagaimana hal itu (kericuhan, red) tidak terjadi,” Imbuhnya,

Lanjutnya, “Saya sudah konsultasi, dan Rektor pun iyakan kegiatan sosialisasi ini, kita tinggal bersurat dimasing-masing Dekan Fakultas,” Ucapnya.

Tak lupa, Warek III juga menitip pesan, mulai dari KPUM, Dekan III, BEM Fakultas, termasuk UKM supaya mengawal jalannya Pilpresma, agar apa kita nantikan ini bisa lahir dengan aman.

“Secara pribadi, saya mengajak, mari bersama-sama ini untuk mengamankan, sehingga kita bisa mengantisipasi kekuatan luar yang masuk,” Serunya.

Warek III juga tak sungkan untuk membangun jalur komunikasi, seperti tokoh-tokoh mahasiswa yang di anggapnya punya pengaruh. Pasalnya, lebih mewanti-wanti progres Pilpresma tersebut.

“Mari kita amankan ini, karena kalau Presma ini tidak kita capai, berapa tahun lagi akan bisa lahir, ini kan sangat penting sekali,” Katanya.

Untuk sementara ini, pihak Universitas belum melayangkan surat resmi kepada pihak Kepolisian. Namun kata Warek III, Sat Intelkam Polres Baubau sudah mendatangi nya pada Saptu (04/02). Dalam pertemuan itu, Polisi meminta kepada Warek III, jalur koordinasi bisa terjalin.

“Tetap kita harapkan pengamanan dari pihak Kepolisian ada. Ya biasanya cukup mengamankan diluar jangan sampai ada apa-apa,” Terang Asman.

Bilamana keributan terjadi, Sambungnya, “Tetap kita hadapi, kita lihat apa masalah yang diributkan dan pihak yang melakukan itu kita akan panggil,”.

Sebelum mengakhiri sesi wawancara, Warek III sempat beri bocoran, yakni bila mana Presma sudah terbentuk, selanjutnya akan dipersiapkan Sekretariat Bersama (Sekber), sekaligus seluruh rancangan kegiatan, mulai dari Presma, BEM, UKM, termasuk himpunan akan dibuat.

Kontributor: ATUL WOLIO

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here