Bupati Kolut, Nur Rahman Umar

Lasusua, Koransultra.com – Tiga tahun masa pemerintahan Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar bersama Wakilnya H. Abbas, Indeks pembangunan makro terus mengalami peningkatan yang siknifikan.

Berdasarkan rilis dari Badan Pusat Statistik, tingkat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kolut pada tahun 2018 meningkat pada kisaran 6,08. Jika dibandingkan pertumbuhan tahun 2017 yang hanya mencapai 6,03%.

Sementara, untuk angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga mengalami peningkatan. Dimana, tahun 2018 yang lalu IPM Kolut hanya mencapai 68,44%. Namun pada tahun 2017 meningkat sebesar 0,67% dengan capaian 67, 77%. Tahun 2019 diproyeksikan menjadi 68,89%.

Untuk angka kemiskinan sendiri sampai tahun 2019 tercatat 13,19% menurun jika dibanding dengan tahun sebelumnya yang berada pada kisaran 14,30%. Bahkan, diawal pemerintahan Nur Rahman – Abbas, tahun 2017 angka kemiskinan berada pada kisaran 16,24%. Begitupun dengan Angka Pengangguran Terbuka (APT). Diproyeksi tahun 2019 tersisa 1,46% menurun
apabila dibandingkan diawal kepemimpinan tahun 2017 yang hanya 2,62%.

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar mengatakan, pencapaian hasil pembangunan khususnya pada indikator penurunan angka kemiskinan dan peningkatan IPM tidak terlepas dari hasil pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan diberbagai urusan yang mampu ditingkatkan terutama pada sektor pendidikan, kesehatan, dan sektor pertanian serta infrastruktur.

“Capaian ini dapat dibuktikan dengan beberapa piagam/piala antara lain Anugerah Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia sebanyak lima kali,” ujar Nur Rahman Umar, saat memberikan sambutan di penutupan HUT Kolut ke-16, Selasa (7/1/2019) malam.

Lanjut Nur Rahman Umar, selain adipura, pemerintah pusat juga memberikan penghargaan sebagai pusat pengembangan Kakao dan Lada, serta Pusat Major Project Pengembangan kakao berbasis korporasi.

Menurut Nur Rahman Umar, prestasi yang diraih pemerintah Kolut merupakan pencapaian yang luar biasa dan membanggakan atas ikhtiar bersama dalam pengelolaan kebersihan lingkungan Kota kategori Kota Kecil.

“Saya sangat berharap kepada semua stakeholder untuk mendukung semua program yang telah kita canangkan,” tutup Nur Rahman.

Kontributor : Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here