Kolaka, Koransultra.com – Pelantikan Pergantian Antar Waktu ( PAW ) 3 Kepala Desa yakni Desa Gunung Sari Kec. Watubangga, Desa Puu Laulo dan Desa Ulu Lapaopao Kec. Samaturu, yang dilaksanakan baru – baru ini sudah di laksanak di Desa Ulu lapaopao berjalan dengan lancar dan aman hinggah pelantikan baru- baru ini.

Kepala Desa terpilih dilantik langsung oleh oleh Bupati Kolaka, H.Ahmad Safei, di desa masing-masing. Pelantikan tersebut juga di hadiri oleh Wakil Bupati Kolaka, Muh. jayadin, Cama, Serta Kepala Desa Se- kecamatan diwilayah dilakukannya pelantikan Kepala Desa.

“Saya mengingatkan kepada ke tiga Kepala Desa tersebut, melalui pemilihan pergantian antar waktu, agar segera melanjutkan dan memproritaskan program-program desa yang sudah di susun di tahun 2020, ujar Mujahidin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa saat di temui diruang kerjanya,(22/1/20).

Lanjutnya, mengutik perkataan Bupati Kolaka saat proses pelantikan, berharap tidak ada lagi perbedaan antara warga yang disebabkan bedah pilihan, saatnya Kepala desa yang baru dilantik dapat mengajak seluruh lapisan masyarakat di desa tersebut untuk dapat bersama-sama memikirkan dan mengembangkan desa yang secalan dengan program-program pemerintah daerah dan pemerintah pusat,

“Pada sambutan yang dibawakan oleh bapak Bupati, memberikan arahan kepada Kepala Desa yang baru di lantik untuk tidak membedah-bedakan warganya akibat dari perbedaan pilihan, sebagai seorang pemimpin harus melupakan dinamika saat proses pemilihan dan kembali merangkul semua warga demi kemajuan desanya, “Kata Mujahidin

Ia menambahkan, jika arahan Bupati agar Kepala Desa Baru ini dapat menggunakan anggaran desanaya sabaik-baiknya dan menjadikan pembelajaran kepada kepala desa yang sudah terjerat hukum akibat pengelolahan dana desa yang kurang hati-hati.

Untuk itu nantinya ke 3 Kepala Desa yang baru saja dilantik hasil pemilihan antar waktu akan diberikan pelatihan dan bimbingan khusus terkait pengelolahan dana desa.

“Saya berharap tidak ada lagi Kepala Desa yang tersandung hukum akibat pengelolahan yang kurang tepat, untuk itu bekerja dengan serius dan hati-hati agar dapat mengembangkan desa sesuai apa yang diharapkan” himbaunya.

Salah seorang Toko Pemuda Desa Ulu paopao, Jhidin menuturkan, jika pemilihan dan pelantikan Kepala Desa di wilayahnya berjalan cukup aman, atas kerjasama dengan pemerintah, Pihak Keamanan ( Kepolisian ) dan Masyarakat setempat, sehinggah pemilihan sesuai dengan apa yang di harapkan.

Sementara itu, salah satu Kepala Desa terpilih Suryono mengantakan jika pelantikan baru saja usai dilaksanakan sekaligus menandakan berakhirnya pesta demokrasi yang selama ini membatasi interaksi sosial antara satu sama lain.

Saat memasuki fase terpenting dari hanya sekedar sebuah proses politik semata. Memangku Jabatan sebagai Kepala Desa merupakan amanah dan tanggung jawab yang besar dan tidak mudah.

Untuk itu sangat penting mengajak seluruh pihak untuk kembali bersama-sama saling merangkul satu sama lain, menanggalkan semua kepentingan diatas kepentingan umum guna mencapai kemajuan dan kemanfaatan yang lebih baik lagi.

“Saya sangat menyadari dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang saya miliki, olehnya itu saya membuka diri dan mengharapkan saran, masukan dan bimbingan dari tokoh-tokoh intelektual dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Desa Ulu Lapaopao, begitu juga kepada segenap Pemerintah Daerah Kab. Kolaka sehingga pembangunan di Desa Ulu Lapaopao ini dapat berjalan sesuai harapan kita semua” tuturnya

Kedepan tentu saja banyak tantangan dan tugas berat, termasuk melanjutkan program pemerintah sebelumnya dan bagaimana menciptakan inovasi-inovasi baru. Di Desa Ulu Lapaopao ini kaya akan potensi SDM, utamanya anak-anak muda diharapkan mampu dan mau memberikan sumbangsi guna menciptakan perubahan dan kemajuan yang lebih baik lagi.

“Kita harus kompak bekerjasama serta menjadi bagian penting dalam proses pembangunan serta. Dan semua ini bisa dicapai dengan kesadaran bersama saling bahu membahu membangun desa, kepada seluruh masyarakat Desa Ulu Lapaopao saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala bantuan dan kerja kerasnya selama ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan rahmat_Nya kepada kita semua, terkhusus bagi Desa kita tercinta ini,” kata Suryono Kades Ulu Lapaopao terpilih.

Kontributor: Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here